Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 28 Februari 2012

Cara Mengatasi dan Mengobati Anemia

Cara Mengatasi dan Mengobati Anemia - Anemia adalah gejala kekurangan hemoblobin yang terkandung di dalam sel darah merah. Gejala anemia berupa wajah pucat, badan terasa lemas, ngantuk berlebihan, bahkan penderita anemia berat bisa mengalami sesak nafas. Penyebab anemia cukup banyak mulai dari kekurangan nutrisi, perdarahan, juga karena kelainan genetik. Pada umumnya banyak orang yang mengalami anemia karena nutrisi yang kurang adekuat sehing produksi sel darah merah menurun, untuk itu mari kita cari tahu cara mengatasi dan mengobati anemia dengan asupan nutrisi.

Cara Mengatasi dan Mengobati AnemiaSel darah merah termasuk hemoglobin rata-rata berusia 120 hari, setiap 120 hari hemoglobin akan dipecah untuk pembentukan sel darah merah baru. Dalam proses pembentukan sel darah merah diperlukan nutrisi sebagai bahan dasar, karena nutrisi berasal dari makanan jadi perlu diperhatikan jenis makanan yang harus dikonsumsi untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Nutrisi atau zat yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah juga hemoglobin diantaranya zat besi, vitamin B, zink, protein, folat. Bagi yang tidak mau ribet membeli berbagai macam makanan yang mengandung zat pembentuk hemoglobin bisa membeli tablet/sirup penambah darah, tapi akan lebih bijak jika kita paham jenis makanan yang bisa mengatasi dan mengobati anemia sehingga bisa dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

Pertama zat besi, banyak terdapat pada sayur bayam dan sayur kangkung. Vitamin B ada dalam beras, kacang-kacangan, telur, keju. Zink banyak terdapat dalam daging, kerang, ikan, hati. Protein terkandung dalam daging merah, kacang-kacangan, susu. Sedangkan folat banyak terdapat dalam buah jeruk, pisang, wortel, susu, daging.

Selain pentingnya nutrisi di atas olahraga dan istirahat cukup sangat membantu dalam mengatasi dan mengobati anemia. Jangan remehkan anemia karena dampaknya bisa sangat serius, bahkan wanita ketika mengalami haid atau datang bulan yang tidak wajar [berlebihan] bisa menderita anemia - Cara Mengatasi dan Mengobati Anemia.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Fungsi Dan Manfaat Dari Karbohidrat.

Cara Mengatasi dan Mengobati Anemia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra