Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Dan Manfaat Dari Karbohidrat

Fungsi Dan Manfaat Dari Karbohidrat - Karbohidrat berasal dari bahasa Yunani yang berarti gula, karbohidrat adalah salah satu zat yang paling dibutuhkan manusia. Keberadaannya sangat melimpah sehingga membuat karbohidrat relatif lebih murah dari protein dan lemak, zat ini menjadi zat yang umum dijadikan bahan makanan diseluruh dunia dengan berbagai jenis olahan, di Eropa karbohidrat diolah dalam bentuk roti sedangkan di Asia lebih akrab disantap dalam bentuk nasi, intinya karbohidrat menjadi salah satu zat yang wajib ada di dalam makanan.

Fungsi Dan Manfaat Dari KarbohidratFungsi karbohidrat yang utama adalah sebagai bahan dasar kalori atau energi bersama lemak dan protein, 1 gr karbohidrat menghasilkan sekitar 4 kkal. Karbohidrat yang dimakan dalam bentuk nasi atau roti ataupun jenis makanan yang lainnya akan ribuhan menjadi gula di dalam tubuh, gula inilah yag menjadi kalori sebagai bahan bakar untuk tubuh agar bisa menjalankan metabolisme.

Karbohidrat yang sudah dirubah menjadi gula akan diangkut ke sel oleh insulin, jika kadar gula terlalu tinggi atau kadar insulin terlalu rendah maka akan terjadi penumpukan gula dalam darah yang biasa disebut diabetes mellitus atau kencing manis. Karbohidrat juga ada dalam proses fotosintesis pada tumbuh-tumbuhan, fotosintesis menghasilkan oksigen yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan binatang.

Karbohidrat banyak terdapat pada nasi, roti, kentang, gandum, singkong, jagung, madu, ubi jalar. Manfaat lain dari karbohidrat juga bisa menjadi zat pembangun bersama protein ketika terjadi kerusakan pada sel. Secara luas karbohidrat juga digunakan untuk campuran bahan makanan sebagai pengental dan sebagai pemanis pada obat agar tidak terasa pahit - Fungsi Dan Manfaat Dari Karbohidrat.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Proses Terjadinya Rasa Lapar.

Posting Komentar untuk "Fungsi Dan Manfaat Dari Karbohidrat"