Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 25 Mei 2011

13 Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh Manusia

13 Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh Manusia - Ternyata ada banyak sekali vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, biasanya yang akrab terdengar hanya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Lalu apa lagi vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh manusia bingung? Total ada 13 vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, mari kita cari tahu, ooOoo… iya.. vitamin ini adalah bagian dari vitamin B.

13 Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh Manusia
13 Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh Manusia

Tiamin atau vitamin B1
Vitamin B1 atau tiamin memiliki peran penting terhadap kerja otak, membantu metabolisme karbohidrat dan transport beberapa zat. Banyak terdapat pada ragi, biji-bijian seperti padi/beras, kacang kapri dan jagung kuning. Kebutuhan vitamin B1 atau tiamin pada orang dewasa sekitar 1,2 mg/1000 kkal. Kekurangan tiamin dapat menyebabkan penyakit beri-beri.

Riboflavin atau Vitamin B2
Vitamin B2 atau riboflavin adalah vitamin koenzim flavin adenin dinukleotida [FAD] dan enzim flavin adenine mononukleotida [FMN] yang berkerja dala reaksi oksidasi-reduksi energi dan kehidupan sel. Banyak terdapat dalam susu, hati, keju dan telur. Kebutuhan vitamin B2 atau riboflavin pada orang dewasa sekitar 1,5 mg/1000 kkal Kekurangan riboflavin menyebabkan mata panas, gatal danidak tahan cahaya.

Niasin atau Vitamin B3
Niasin dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol, banyak terdapat dalam kacang, ikan laut dan udang. Kebutuhan niasin sekitar 5-15 mg/hari. Kekurangan niasin mengakibatkan kelemahan otot dan gangguan pencernaan.

Asam Pantotenat
Biasa juga disebut vitamin B5, berfungsi dalam pelepasan energi. Banyak terdapat di dalam hati, daging sapi dan ganggang laut, kekurangan asam pantotenat dapat mengakibtkan kesemutan, muntah bahkan diare. Belum ada patokan resmi untuk jumlah konsumsi asam pantotenat ini.

Vitamin B6
Vitamin B6 berfungsi dalam metabolisme asam amino atau protein dan mengatur pelepasan glukosa atau gula.

Biotin atau Vitamin B7
Biotin juga biasa disebut vitamin H, berperan dalam transfer karbon dioksida dan metabolisme karbohidrat. Banyak terdapat dalam gandum, hati, ginjal dan sereal. Kebutuhan biotin untuk orang dewasa sekitar 2.0 mg/1000 kkal. Kekurangan biotin mengakibatkan kelemahan, mudah emosi dan sulit tidur.

Kobalamin atau Vitamin B12
Yang satu ini mungkin cukup akrab dengan kita, penting dalam fungsi normal otak dan pembentukan sel darah merah. Banyak terdapat dalam hati, ginjal, daging sapi dan ayam juga kuning telur. Kebutuhan vitamin B12 untuk orang dewasa sekitar 1,0 mg/1000 kkal. Kekurangan vitamin B12 mengakibatkan anemia dan gangguan perkembangan sel.

Folat atau Asam Folat
Disebut juga folasin atau monoglutamat. Fungsi utamanya adalah pembelahan dan pertumbuhan sel [penting untuk ibu hamil], dapat menyembuhkan anemia pernisiosa. Banyak terdapat dalam hati, kepiting, ganggang laut, ubi, gandum. Kebutuhan asam folat utuk usia dewasa sekitar 170 µg. Kekurangan asam folat mengakibatkan gangguan pembentukkan sel seperti sel darah merah dan sel pada janin.

Inilah 13 vitamin yang dibutuhkan tubuh manusia, vitamin A, vitamin B [Tiamin atau vitamin B1, Riboflavin atau Vitamin B2, Niasin atau Vitamin B3, Asam Pantotenat, Vitamin B6, Biotin atau Vitamin B7, Kobalamin atau Vitamin B12, Folat atau Asam Folat], vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K - 13 Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh Manusia.

Jika artikel 13 Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh Manusia ini bermanfaat bagi Anda klik tombol like, bagikan ke twitter dan beri +1, jangan lupa memberi komentar. Baca juga artikel dan info kesehatan Mengapa Susu & Telur Sering Membuat Alergi

13 Vitamin Yang Dibutuhkan Tubuh Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra