Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 27 Januari 2012

Perbedaan Penyebab Cemas Dengan Takut

Perbedaan Penyebab Cemas Dengan Takut - Jika diucapkan perkata mungkin bisa lebih mudah membedakan cemas dan takut, namun jika sudah menjadi kalimat akan lebih sulit dalam medefinisikan dan mencari perbedaan penyebab antara cemas dengan takut. Sekilas memang nampak sama karena cemas dan takut merupakan sebuah respon emosi yang muncul dalam bentuk perilaku tetapi memiliki perbedaan dalam etiologi atau penyebab.

Cemas
Perbedaan Penyebab Cemas Dengan Takut

Cemas merupakan respon terhadap stimulus secara subyektif namun tidak jelas penyebabnya, contohnya "Saya cemas dia belum datang" pernyataan ini menggambarkan situasi cemas karena yang ditunggu belum datang namun tidak jelas apa penyebabnya, mungkin terjadi kecelakaan, mungkin ban bocor, atau mungkin kehujanan. Perasaan cemas juga identik dengan gelisah, rasa cemas ditunjukkan dengan perilaku gelisah.

Takut
Perbedaan Penyebab Cemas Dengan Takut

Sedangkan takut adalah sebuah respon terhadap ancaman atau situasi yang tidak diinginkan dan jelas apa faktor pemicunya. "Dia takut dengan anjing" situasi ini menunjukkan sebuah respon "takut" terhadap obyek "anjing", takut sering ditunjukkan dengan perilaku menarik diri atau menghindari dari apa yang ditakuti. Rasa takut termasuk emosi dasar selain senang, sedih, dan marah.

Jadi sudah jelas bahwa cemas merupakan respon yang tidak jelas penyebabnya sedangkan takut sangat jelas. Rasa cemas dan takut merupakan respon alamiah namun akan menimbulkan masalah jika terjadi secara berlebihan akan berdampak pada kesehatan emosional dan psikologis - Perbedaan Penyebab Cemas Dengan Takut.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Mengapa Minum Kopi Membuat Kita Terjaga.

Perbedaan Penyebab Cemas Dengan Takut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra