Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 12 Desember 2011

Jenis Terapi Untuk Penderita Stroke

Jenis Terapi Untuk Penderita Stroke - Stroke merupakan gangguan sirkulasi [darah] pada otak, seperti yang pernah kita bahas sebelumnya bahwa stroke ada dua jenis "Stroke Hemoragik dan Stroke Embolik/Iskemik". Kini kita bahas bagaimana pentingnya terapi pada penderita stroke, apa saja terapi yang cocok dilakukan oleh penderita stroke agar bisa memaksimalkan fungsi tubuh bahkan bisa untuk sembuh.
Jenis Terapi Untuk Penderita Stroke
Jenis Terapi Untuk Penderita Stroke

Sebenarnya ada ua masalah utama yang terjadi pada penderita stroke, yang pertama jelas kelemahan sistem saraf dan yang kedua adalah kelemahan otot berkesah. Pada stroke, otot tidak mengalami masalah tapi karena otot digerakkan oleh sistem saraf dan pada stroke terjadi gangguan saraf maka otot pun akhirnya tidak berfungsi dengan baik.

Otot pada penderita stroke sering mengalami kelemahan kemudian atropi [memendek], inilah yang juga perlu diperhatikan pada penderita stroke. Lalu apa jenis terapi yang cocok untuk penderita stroke?

Berikut jenis terapi untuk penderita stroke:
  • Terapi basic untuk stroke adalah fisioterapi, melatih otot [motorik] yang tidak berfungsi dengan baik agar tidak mengalami atropi, mengoptimalkan fungsi otot juga merangsang perbaikan saraf.
  • Selanjutnya adalah terapi verbal, beberapa penderita stroke mengalami disfungsi otot wajah sehingga tidak bisa bicara dengan benar, untuk itu terapi verbal sangat perlu.
  • Terapi yang wajib juga adalah ADL [Activities of Daily Living] seperti mengancing baju, membuka celana, menyisir rambut,bahkan berkebun.
  • Terapi air atau hidroterapi, bisa dilakukan di kolam renang [dengan pengawasan ketat oleh keluarga] untuk melatih motorik dengan bergerak-gerak di air.
  • Yang sering terlupakan juga adalah terapi sosial, berinteraksi dengan orang lain juga sangat penting bagi penderita stroke.
Kerusakan pada saraf memung sulit untukdipulihkan tapi bukan berarti tidak bisa, dengan terapi secara rutin kerusakan bisa diminimalisir bahkan sembuh - Jenis Terapi Untuk Penderita Stroke.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Diabetes Juga Rentan Mengalami Hipertensi.
Jenis Terapi Untuk Penderita Stroke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra