Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Search Box di Blog

Cara Membuat Search Box di Blog - Search box atau kotak pencari disebuah blog sangat penting, membantu visitor dalam mencari artikel yang mereka inginkan. Search box juga menguntungkan kita karena lebih banyak artikel yang dibaca visitor hebat. Sebenarnya blogger sudah menyediakan widget khusus search box atau kotak pencari namun bagi Anda yang merasa widget tersebut kurang pas dengan tampilan blog jangan resah karena ada script search box simple yang bisa digunakan dan bisa dimodif.

Untuk meletakkan search box sebagai widget pertama cari "Rancangan" lalu "Tambah Widget" pilih "HTML/Java Script".

Copy paste script search box di bawah pada widget "HTML/Java Script" tadi

<form id="searchthis" action="http://www.emingko.com/search" style="display:inline;" method="get">
<input id="b-query" maxlength="100" name="q" size="16" type="text" rel="nofollow"/>
<input id="b-searchbtn" value="Go" type="submit"/>
</form>

Ganti "www.emingko.com" dengan domain Anda. Untuk merubah panjangnya silahkan ganti tag "100" yang dicetak tebal dengan ukuran yang diinginkan, untuk merubah teks pada tombol search pada tag "go" bisa diganti dengan "search" atau "cari".

Lalu "Simpan" widget dan hasilnya akan nampak seperti search box pada blog ini [lihat di pojok kanan atas]. Kita juga bisa meletakkan script search box ini di dalam postingan tinggal taruh scriptnya saat membuat post dibagian "Edit HTML". Atau jika ingin menaruh disetiap akhir postingan dengan meletakkan di bawah kode <data:post.body/> pada "Rancangan" "Edit HTML" - Cara Membuat Search Box di Blog.
Baca juga artikel dan informasi Cara Menata Tampilan Blog Lebih Cepat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Search Box di Blog"