Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 12 September 2011

Diabetes Mellitus Tipe 2 [Kencing Manis]

Diabetes Mellitus Tipe 2 [Kencing Manis] - Kemarin kita telah membahs mengeni diabetes mellitus tipe 1, berarti sekarang waktunya diabetes tipe 2. Kencing manis atau DM tipe 1 ini disebabkan bukan karena kadar insulin yang rendah nggak boleh, atau bukan karena terjadi kerusakan pada kelenjar pankreas sebagai tempat insulin diproduksi. Tapi karena gangguan metabolisme dan disfungsi pada sel.

Diabetes mellitus tipe 2 dapat diistilahkan sebagai gangguan pemrosesan antara glukosa [gula] dengan insulin. Seperti yang kita ketahui pada tanda dan gejala kencing manis, bahwa insulin adalah alat angkut glukosa [gula] agar bisa masuk ke dalam sel, pada diabetes mellitus tipe 2 proses pengangkutan ini yang bermasalah.

Jadi kadar insulin memenuhi tapi gula tidak diangkut, berbeda dengan diabetes mellitus tipe 1 dimana insulin sebagai alat angkut sangat kurang sehingga kadar gula di dalam darah meningkat sedih. Gangguan ini terjadi karena beberapa sel kurang peka terhadap insulin sehingga proses "pengangkutan" glukosa [gula] tidak berjalan dengan baik.

Diabetes mellitus tipe 2 dapat dikontrol dengan menerapkan pola hidup sehat, mengurangi asupan karbohidrat dan gula. Dengan begitu produksi dan kadar gula di dalam darah bisa ditekan - Diabetes Mellitus Tipe 2 [Kencing Manis].
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Diabetes Juga Rentan Mengalami Hipertensi.

Diabetes Mellitus Tipe 2 [Kencing Manis] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra