Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 04 Mei 2011

Sejarah Mengapa Disebut Vitamin K

Sejarah Mengapa Disebut Vitamin K - Kita biasa menyebut nama vitamin sesuai abjad, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Tapi pernahkah terpikirkan mengapa yang terakhir disebut vitamin K, mengapa tidak menyambung nama sebelumnya kan jadi vitamin F bingung? Biar tidak terlalu lama bertanya-tanya langsung saja yuk.. kita bahas.

Pada tahun 1935, Dam dari Denmark menemukan penyakit perdarahan parah pada ayam ayam percobaannya, perdarahan berkurang dan membaik setelah diberi makanan alfalfa atau tepung ikan yang telah busuk. Dengan bantuan Karrer, seorang ahli kimia dari Swis, pada tahun 1939 ia berhasil mengisolasi vitamin larut lemak tersebut yang terdiri atas filokinon yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan dan mekanion yang terdapat dalam minyak ikan dan daging, mekanion juga dapat disintesis oleh bakteri di dalam usus. Dan vitamin ini dinamakan vitamin koagulasi [penggumpalan/pembentukkan endapan] jika disingkat menjadi vitamin K.

Sejarah Mengapa Disebut Vitamin K
Jadi huruf "K" pada vitamin K muncul dari nama aslinya vitamin koagulasi senang yang membuat namanya seolah terlempar jauh dari rekan-rekannya si vitamin A, B, C, D dan vitamin E, inilah sejarah mengapa vitamin ini disebut vitamin K - Sejarah Mengapa Disebut Vitamin K.
Referensi: [Buku] Sunita Almatzier

Jika artikel Sejarah Mengapa Disebut Vitamin K ini bermanfaat bagi Anda klik tombol like, bagikan ke twitter dan beri +1, jangan lupa memberi komentar. Baca juga artikel dan info kesehatan Manfaat dan Fungsi Dari Lemak

Sejarah Mengapa Disebut Vitamin K Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra