Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 01 Mei 2011

Manfaat dan Fungsi Dari Lemak Dalam Tubuh

Manfaat dan Fungsi Dari Lemak Dalam Tubuh - Bagaimana pandangan Ada terhadap lemak bingung? Baik, buruk atau perlu dihindari! Sekarang banyak topik kesehatan hindari makanan berlemak, lemak berbahaya dan sebagainya. Lemak bukanlah sesuatu yang menakutkan seperti apa yang sering dibicarakan jika kita mengkonsumsinya sesuai kebutuhan, berikut adalah beberapa manfaat dan fungsi dari lemak:

Manfaat dan Fungsi Dari Lemak Dalam Tubuh
Manfaat dan Fungsi Dari Lemak Dalam Tubuh

Sumber Energi
Tidak banyak yang tahu kalau lemak merupakan sumber energi bersama karbohidrat dan protein, jika 1 gram karbohidrat dan protein sama-sama menghasilkan sekitar 4 Kkalori berbeda dengan lemak yaiu 9 Kkalori per 1 gram.

Menghemat Protein
Sumber energi [pokok] ada tiga: karbohidrat, protein dan lemak. Yang digunakan paling awal adalah karbohidrat, jika karbohidrat habis barulah lemak diambil untuk dibakar dan saat lemak habis kemudian protein. Jika sampai tubuh menggunakan protein [tanpa karbohidrat dan lemat] itu sangat berbahaya nggak boleh. Protein adalah zat pembangun jika digunakan begitu saja bisa merusak sistem kekebalan dan rehabilitasi sel.

Alat Angkut Vitamin
Ada beberapa vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Lemak membantu tranfortasi dan penyerapan vitamin tersebut jadi jika kadar lemak rendah maka transformasi dan penyerapan vitamin tersebut akan terganggu.

Sebagai Pelindung Organ tubuh
Lapisan lemat juga berfungsi melindungi organ tubuh, bekerja seperti bantal jika terjadi benturan babak belur dan mengikat organ-organ agar tetap berada pada posisinya.

Memberi Rasa Kenyang dan Kelezatan
Lemak dapat memperlambat pengeluaran asam lambung dan memperlambat pengosongan lambung sehingga lebih lama membuat kenyang, lemak juga memberi rasa gurih pada makanan.

Menjaga Suhu Tubuh
Lapisan lemak di bawah kulit membalut tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil dan menghalau pelepasan panas yang berlebihan sehingga baik dalam pemeliharaan suhu tubuh.

Itulah beberapa manfaat dan fungsi dari lemak bagi tubuh kita senang, tapi jika kita mengkonsumsi secara berlebihan tentu kurang baik menurut WHO [1990] konsumsi lemak dianjurkan sekitar 15% dari kebutuhan energi total dianggap baik untuk kesehatan - Manfaat dan Fungsi Dari Lemak Dalam Tubuh.

Jika artikel Manfaat dan Fungsi Dari Lemak Dalam Tubuh ini bermanfaat bagi Anda klik tombol like, bagikan ke twitter dan beri +1, jangan lupa memberi komentar. Baca juga artikel dan info kesehatan Proses Metabolisme Vitamin C

Manfaat dan Fungsi Dari Lemak Dalam Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra