Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 07 April 2011

Mengenal Fungsi dan Kekurangan Protein

Mengenal Fungsi dan Kekurangan Protein - Kebanyakan orang masih menganggap nasi [karbohidrat] sebagai zat yang paling dibutuhkan tubuh, tidak bisa hidup jika tidak makan nasi [karbohidrat]. Tapi tahukah Anda bahwa zat yang paling penting itu bukanlah karbohidrat tapi protein [asam amino] terkejut, zat ini banyak terdapat di dalam makanan hewani dan hayati, cenderung lebih banyak kandungannya di hewani [daging], untuk itu mari kita mengenal protein lebih jauh.

Mengenal Fungsi dan Kekurangan Protein
Mengenal Fungsi dan Kekurangan Protein

Istilah protein berasal dari kata Yunani proteos, yang berarti yang utama atau yang didahulukan. Kata ini diperkenalkan oleh seorang ahli kimia Belanda, Gerrardus Mulder (1802-1880), karena ia berpendapat bahwa protein adalah zat yang paling penting dalam setiap organisme.

Protein adalah bagian dari semua sel hidup dan merupakan bagian terbesar tubuh setelah air. Seperlima bagian tubuh adalah protein, separuhnya ada di otot, seperlima ada di tulang dan tulang rawan, sepersepuluh di dalam kulit dan selebihnya ada dalam jaringan lain dan airan tubuh. Protein disebut juga asam amino.

Fungsi Protein
Fungsi utamanya adalah pembentuk sel, inti sel dan zat pembangun sel. Jika ada jaringan yang rusak misalkan luka robek protein adalah zat pembangun. Jadi butuh banyak asupan protein pada kondisi seperti tersebut.

Kekurangan Protein
Kekurangan protein menyebabkan kwasiokor pada anak usia di bawah 5 tahun, klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang kwasiokor. Pada orang dewasa dapat menyebabkan penurunan imun, pembesaran hati.

Kelebihan Protein
Apa saja jika berlebihan akan berdampak kurang baik, Protein secara berlebihan tidak menguntungkan tubuh nggak boleh. Makanan yang tinggi protein biasanya tinggi lemak sehingga dapat menyebabkan obesitas [kegemukan]. juga memberatkan ginjal dan hati yang harus memetabolisme dan mengeluarkan kelebihan nitrogen, kelebihan juga menimbulkan penumpukan ureum dalam darah.

Angka Kecukupan Protein (AKP) orang dewasa menurut hasil-hasil penelitian keseimbangan nitrogen adalah 0,75 gram/kg berat badan.
Referensi: wikipedia dan buku prinsif dasar ilmu gizi

Jika artikel Mengenal Fungsi dan Kekurangan Protein ini bermanfaat bagi Anda klik tombol like, bagikan ke twitter dan beri +1, jangan lupa memberi komentar. Baca juga artikel dan info kesehatan lainnya.

Mengenal Fungsi dan Kekurangan Protein Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra