Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 21 April 2011

Mengapa Kita Menutup Mata Saat Bersin

Mengapa Kita Menutup Mata Saat Bersin - Apakah Anda sadar ketika kita bersin selalu menutup mata, mengapa itu terjadi bingung? Hal sepele seperti ini memang sering diacuhkan banyak orang padahal ada sesuatu dibalik pejaman mata tersebut. Bersin adalah keluarnya udara dari hidung karena adanya benda asing [air/debu] yang mencoba masuk ke saluran nafas dan terdeteksi oleh mukosa di bagian pangkal hidung sehingga reflek bersin terjadi untuk memompa benda asing tersebut keluar dari hidung.


Tapi mengapa kita memejamkan mata saat bersin? Ini terkait dengan anatomi tubuh kita [manusia], dimana ada sebuah lubang kecil yang menghubungkan antara mata dengan hidung disebut ductus nasolacrimalis terkejut. Saat kita bersin agar benda asing tadi tidak masuk ke lubang tersebut maka terjadilah kontraksi sepanjang hingga ujung ductus nasolacrimalis dan efeknya mata kitapun terpejam.

Gambar
Mengapa Kita Menutup Mata Saat Bersin, mata, hidung, ductus nasolacrimalis, bersing, tenggorokan

Ini merupakan salah satu reflek keamana dari tubuh sama seperti ketika kita berkedip saat sesuatu mendekati mata. Perlu diingat karena ini respon tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran nafas melalui hidung maka jangan menutup hidung/mulut rapa-rapat saat bersin karena benda asing tersebut tidak akan keluar, cukup tutup hidung dengan tissue dan beri sedikit jarak. Bagaimana sekarang tahukan mengapa kita menutup mata saat bersin senang - Mengapa Kita Menutup Mata Saat Bersin.

Jika artikel Mengapa Kita Menutup Mata Saat Bersin ini bermanfaat bagi Anda klik tombol like, bagikan ke twitter dan beri +1, jangan lupa memberi komentar. Baca juga artikel dan info kesehatan Senam Olahraga Paling Sempurna.

Mengapa Kita Menutup Mata Saat Bersin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra