Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Terhindar Dari Penyakit Mata Katarak

Tips Agar Terhindar Dari Penyakit Mata Katarak - Penyakit mata katarak biasanya mulai muncul pada usia di atas 55 tahun karena pada masa ini sudah mulai terjadi degenerasi sel tubuh. Itulah mengapa sangat penting untuk rutin melakukan pemeriksaan mata pada usia tersebut. Penyakit mata katarak bisa didiagnosa lebih cepat apabila melakukan pemeriksaan sedini mungkin.

Tips Agar Terhindar Dari Penyakit Mata Katarak
Tips Agar Terhindar Dari Penyakit Mata Katarak

Penyakit mata katarak sendiri adalah terjadinya gangguan pada lensa mata dimana tingkat kejernihan mengalami penurunan membuatnya menjadi semakin keruh sehingga menghalangi sinar dan bayangan benda yang akan masuk ke retina. Penyakit mata katarak menjadi penyebab berkurangnya tajam penglihatan terbanyak dibandingkan dengan penyakit mata lainnya.

Selain karena proses degenerasi sel terkait penuaan penyakit mata katarak juga biasanya terjadi disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan seperti penyakit diabetes atau kencing manis, kolesterol tinggi, stres, dan kurangnya jam istirahat sehingga menyebabkan kelelahan pada mata.

Penyakit mata katarak sebenarnya bisa dicegah, berikut beberapa tips agar terhindar dari penyakit mata katarak.

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin sedini mungkin khususnya ketika sudah memasuki usia 50an, begitu juga bagi penderita penyakit diabetes juga kolesterol tinggi agar melakukan check up kesehatan mata disamping melihat perkembangan kadar gula darah. Selain itu hindari begadang ketika sudah memasuki usia pertengahan untuk menghindari terjadinya kelelahan pada mata.

Menjaga pola makan juga menjadi kunci sebagai tps agar terhindar dari penyakit mata katarak, kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan tinggi karbohidrat yang berpotensi menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dan glukosa atau gula darah. Tanda Gejala Infeksi Pada Mata Karena Virus & Bakteri