Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala Awal Penyakit Jantung Menyerupai Maag

Gejala Awal Penyakit Jantung Menyerupai Maag - umumnya penyakit jantung memiliki tanda dan gejala khas berubah jadi berat di bagian dada kiri, lalu secara perlahan akan mengalami penyebaran bordiran lengan kiri hingga ke ujung jari kelingking. Seringkali gejala seperti ini menimbulkan persepsi seseorang sedang mengalami gangguan saraf padahal yang terjadi sebenarnya adalah gejala serangan penyakit jantung.

Gejala Awal Penyakit Jantung Menyerupai Maag
Gejala Awal Penyakit Jantung Menyerupai Maag

Dari kasus umum yang terjadi pada penyakit jantung gejala diatas memang sering menjadi penyertaan. Namun gejala awal penyakit jantung bisa menyerupai gejala maag membuatnya menjadi samar dan agak sulit dibedakan.

Gejala awal penyakit jantung menyerupai gejala maag yang memiliki tanda seperti nyeri pada ulu hati, terasa mual, bahkan terjadi muntah, termasuk nyeri yang terasa pada bagian lambung seperti halnya gejala penyakit maag.

Gejala awal penyakit jantung yang mirip dengan gejala penyakit maag ini cenderung terjadi pada wanita. Seringkali pasien mengira kondisi tersebut adalah gejala maag biasa dan ketika menjalani pengobatan dengan diberikan obat maag dalam beberapa hari pengobatan tidak akan menunjukkan penurunan gejala penyakit maag.

Jika situasi ini terjadi apakah patut diwaspadai adanya gejala awal penyakit jantung. Dan untuk memastikan ada tidaknya masalah pada kesehatan jantung bisa dilakukan dengan pemeriksaan ECG atau endo kardiografi.

Dulu memang alat ECG sulit ditemukan namun sekarang sebagian besar Puskesmas sudah memilikinya sehingga masyarakat tidak perlu jauh jauh pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jantung dan di Puskesmas biayanya pun relatif lebih murah.

Fakta ini bisa membuat kita lebih waspada karena gejala awal penyakit jantung menyerupai gejala maag yang terlihat tidak spesifik dan sering tidak disadari. Pengertian Penyakit Jantung Koroner Adalah