Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda Dan Gejala Kencing Manis [Diabetes Mellitus]

Tanda Dan Gejala Kencing Manis [Diabetes Mellitus] - Kencing manis atau biasa disebut Diabetes Mellitus atau DM adalah salah satu penyakit metabolik dimana terjadi gangguan dalam metabolisme glukosa [gula] umumnya karena tidak seimbangnya produksi insulin, terjadi penumpukan gula di dalam tubuh khususnya dalam darah tapi rendah di dalam sel sedih. Misalkan saja gula itu adalah pasir dan insulin adalah truk pengangkut sedangkan sel adalah toko, jika jumlah pasir [gula] berlebihan sedangkan truk pengangkut [insulin] sedikit atau bermasalah maka toko [sel] akan kekurangan stok pasir [gula], intinya di dalam darah kadar gula tinggi tapi rendah di dalam sel.
Tanda Dan Gejala Kencing Manis [Diabetes Mellitus]
Tanda Dan Gejala Kencing Manis [Diabetes Mellitus]

Istilah ini mungkin sudah banyak yang paham untuk itu eMingko Blog tidak membahas panjang lebar mengenai definisi dari penyakit diabetes ini namun lebih mengarah pada gejalannya selain tingginya kadar gula dalam darah, seperti halnya mengapa orang Diabetes atau kencing manis sering kencing [poliuri], sering merasa lapar [polipagi] dan sering haus/minum [polidipsi].

Sering makan / lapar
Untuk mengetahui kenapa seorang dengan penyakit DM sering merasa lapar ngiler bisa kita lihat pada definisi DM diatas, karena sel kekurangan pasokan gula [sumber energi] maka dia akan memberi laporan ke otak, lalu otak akan memerintahkan beberapa organ khususnya lambung untuk memproduksi asam lambung, ini yang membuat kita menjadi lapar agar kita cepat-cepat makan untuk menambah makan [sumber energi], walaupun banyak makan penderita DM akan tetap merasa lapar karena sumber energi glukosa dari makanan tidak sampai ke sel, menumpuk di darah. Ini juga salah satu alasan mengapa orang dengan DM harus menghindari luka, karena jika terluka sel tidak bisa memperbaiki diri [sembuh] dengan baik karena tidak cukup energi. Gejala ini disebut polipagi.

Sering Kencing
Bukan cuma sering tapi juga banyak begitulah gejala dini dari penyakit diabetes mellitus, mengapa bisa terjadi demikian bingung? Air biasa dibandingkan dengan air yang diberi banyak gula tentu lebih pekat air yang mengandung banyak gula, begitu juga dengan darah. Pada penderita DM darah yang berada di pembuluh darahnya lebih pekat sehingga menarik cairan yang berada di dalam sel menyebabkan volumenya meningkat. Karena volume darah dalam pembuluh darah tinggi ketika dia disaring oleh ginjal akan menghasilkan urine [air kencing] yang banyak. Itulah mengapa penderita DM sering dan banyak kencing, istilah ini disebut poliuri.

Sering Haus / Minum
Seperti yang kita ketahui tadi sebagian besar cairan sel ditarik oleh darah yang kental masuk ke dalam pembuluh darah maka sel akan kekurangan cairan berkesah, maka secara otomatis sel akan melapor ke otak bahwa dia mengalami kekurangan cairan, dan otak akan merespon dengan mengaktifkan beberapa hormon sehingga timbullah rasa haus agar kita segera minum, istilah ini disebut polidipsi.

Ini hanya ulasan secara sederhana mengenai gejala kencing manis atau DM, setidaknya dengan begini kita lebih mengenal penyakit yang menjadi momok [mematikan] bagi masyarakat dunia saat ini - Tanda Dan Gejala Kencing Manis [Diabetes Mellitus].
Postingan ini adalah update dari artikel sebelumnya Proses Terjadinya Rasa Lapar baca juga Diabetes Mellitus Tipe 1 "Kencing Manis".