Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Rabu, 09 Agustus 2017

Cara Flash ROM MIUI Xiaomi Bermasalah

Bagi pengguna smartphone khususnya Android harus membiasakan diri dengan yang namanya flash ROM apalagi pengguna perangkat produk Xiaomi. Xiaomi memang terkenal dengan kustomisasi ROM MIUI meskipun akhir-akhir ini setelah adanya update MIUI 8 menjadi lebih ketat dengan adanya lock bootloader.

Cara Flash ROM MIUI Xiaomi Bermasalah
MIUI 8

Jika anda mengalami masalah pada perangkat Xiaomi terkait ROM MIUI seperti HP tiba-tiba mati total tanpa terjatuh atau terkena air, kamera tidak berfungsi dengan normal, tombol-tombol seperti volume dan power kurang responsif, sering muncul pesan sayangnya kamera telah berhenti, tato notifikasi error lainnya bisa coba flash ROM MIUI.

Kali ini saya menggunakan metode yang paling mudah tanpa menggunakan aplikasi Mi flash tool hanya saja akan metode ini tidak bekerja dengan baik pada beberapa perangkat contohnya Xiaomi Redmi Note versi pertama.

Pada kesempatan ini kita akan menggunakan metode flash ROM MIUI melalui aplikasi My PC Suite di perangkat komputer atau laptop. Pertama beberapa bahan yang perlu dipersiapkan diantaranya:
  1. Kabel data USB original bawaan handphone Xiaomi atau alternatif kabel USB lainnya.
  2. Aplikasi Mi PC Suite bisa di download dan instal gratis melalui website resmi Xiaomi http://pcsuite.mi.com.
  3. Smartphone Xiaomi dengan kondisi baterai yang sudah terisi penuh usahakan di atas 80% karena nanti proses yang cukup lama.
  4. Koneksi internet stabil usahakan memiliki kecepatan tinggi.

Langkah-langkah cara flash ROM MIUI Xiaomi yang bermasalah:

Pertama matikan handphone dalam keadaan mati, selanjutnya tekan tombol power dan volume - (down) bersamaan tahan beberapa detik sampai muncul mode fasboot pada layar seperti gambar dibawah.

Fastboot
Fastboot Mode

Sambungkan smartphone Xiaomi tersebut ke komputer atau laptop menggunakan kabel data USB kemudian buka aplikasi Mi PC Suite yang tadi telah di download dan instal.

Aplikasi Lite jesuit secara otomatis akan mendeteksi perangkat Xiaomi yang terhubung. Perangkat tidak akan terdeteksi Apabila Anda masuk ke mode fasboot setelah handphone di colokan ke komputer atau laptop. Jadi pastikan masuk ke mode fasboot terlebih dahulu sebelum menghubungkan perangkat komputer.

Apabila ROM MIUI Xiaomi bermasalah aplikasi Mi PC Suite otomatis akan mendeteksi dan memberikan rekomendasi flash ROM MIUI yang tersedia silakan dipilih langsung di-download.

Apabila tidak terdeteksi flash ROM MIUI Anda bisa memilih opsi "Update" di pojok kanan atas kemudian pilih "Flash".

Flash
Flash Option

Selanjutnya biarkan aplikasi Mi PC Suite melakukan download ROM MIUI sesuai dengan tipe perangkat yang telah dipilih. Disinilah Mengapa saya menyarankan agar baterai terisi penuh sebelumnya karena prosesnya cukup lama apalagi kecepatan akses data internet ada lambat bisa-bisa handphone mati kehabisan baterai selama proses download yang mengakibatkan gagal dan harus diulang kembali dari 0%.

Tunggu sampai seluruh ROM MIUI free download data tak dilakukan transfer serta instal Flash ROM ke perangkat.

Download ROM MIUI
Download ROM MIUI

Hingga ROM MIUI berhasil diinstal.

Flash Sukses
Flash Sukses

Jika berhasil handphone Xiaomi akan melakukan restart secara otomatis silahkan di tunggu prosesnya bisa cukup lama di mana beberapa menit seperti pada gambar dibawah.

Xiaomi Restart
Xiaomi Restart

Jangan Matikan handphone sampai proses restart selesai tandanya perangkat Xiaomi akan menunjukkan logo MIUI kebetulan Pada kesempatan ini saya menggunakan ROM MIUI versi 8 seperti pada gambar dibawah.

Perangkat Aktif
Perangkat Aktif

Sampai disini kita telah berhasil melakukan flash ROM MIUI pada handphone Xiaomi yang bermasalah. Seluruh proses diatas menggunakan handphone Xiaomi Mi4 tetapi secara umum Ini bisa juga digunakan untuk pada perangkat lainnya seperti Xiaomi Redmi 1S, Xiaomi Redmi 2, Redmi 3 / Pro / 3s / 3X, Redmi 4 / Prime / 4X, Xiaomi MI 3, Mi 4 / MI 4i MI 4C, Xiaomi mi5 / MI 5S / MI 5C / MI 5X, Xiaomi MI 6, Xiaomi MI Note, Xiaomi MI Note 2, termasuk perangkat Mi Pad dan perangkat smartphone Xiaomi lainnya terbaru.

Apabila cara diatas tidak juga berhasil untuk Flash room MIUI Xiaomi berarti Anda harus menggunakan metode yang sedikit lebih rumit memakai aplikasi Mi flash tools serta download ROM fastboot sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi.

Cara Flash ROM MIUI Xiaomi Bermasalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra