Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Kamis, 27 Juli 2017

Pengalaman Beli Reksadana Online di Bareksa

Perkembangan pesat di bidang teknologi secara langsung sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam berinvestasi mulai dari membuka rekening tabungan deposito di bank bisa dilakukan secara online bahkan investasi di reksadana jual beli saham.

Pengalaman Beli Reksadana Online di Bareksa
Reksadana Online

Apalagi pemerintah Republik Indonesia sudah menerbitkan kebijakan dan peraturan terkait finansial teknologi atau biasa disebut fintech dalam rangka pengelolaan maupun transparansi dimana wajib terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Setelah sebelumnya saya posting terkait investasi pear to pear lending beberapa hari yang lalu saya coba investasi beli reksadana saham secara online di website Bareksa.com yang kebetulan sudah mendapatkan izin usaha dari kementerian keuangan Republik Indonesia serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Baca juga: Fenomena Investasi Peer to Peer Lending di Indonesia

Sebenarnya saya tidak begitu paham dengan reksadana khususnya jual beli saham hanya sesekali browsing di internet untuk mendapatkan gambaran dasar apa itu reksadana serta bagaimana lika-liku jual beli saham. Akhirnya memberanikan diri untuk berinvestasi dengan membeli reksadana saham salah satu perusahaan yang saya lihat nilai return yang cukup bagus dalam beberapa tahun terakhir.

Pertama saya melakukan registrasi di Bareksa.com mengisi formulir secara online mulai dari nama lengkap, alamat, hingga mengunggah kartu identitas diri dalam hal ini KTP. Selama proses pengunggahan KTP sempat mengalami kendala dimana tanda tangan yang ada pada e-KTP tidak bisa saya buat sama karena sekarang kondisi disability sedangkan KTP tersebut dibuat ketika masih sehat menjadikan tanda tangan sulit untuk ditiru.

Akhirnya saya melakukan perubahan tanda tangan ke Dinas Catatan Sipil dan berhasil cetak e-KTP baru dengan masa berlaku seumur hidup.

Data pada e-KTP baru saya unggah untuk melengkapi formulir online agar bisa terdaftar di Bareksa.com syukur akhirnya disetujui sehingga saya teregistrasi dan bisa transaksi jual beli reksadana.

Setelah melakukan pencarian reksadana saham potensial di Bareksa saya memutuskan satu untuk dibeli kebetulan minimal pembelian dia dibawah Rp300.000. Hal pertama yang saya lakukan adalah membaca sedetail mungkin syarat dan kebijakan juga profil perusahaan manager reksadana saham yang akan dibeli.

Berikut ini saya tampilkan beberapa screenshot langkah-langkah cara beli reksadana saham di Bareksa.Com.

Pertama silahkan pilih jenis reksadana mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, serta indeks & ETF.

Pengalaman Beli Reksadana Online di Bareksa
Pilih Reksadana

Setelah mendapatkan reksadana yang sesuai dengan portofolio Anda silakan klik "Beli"

Pengalaman Beli Reksadana Online di Bareksa
Beli Reksadana

Pada halaman berikutnya silakan konfirmasi order dengan membaca prospektus, serta keterangan ringkas, termasuk profil reksadana yang akan anda beli disana juga akan muncul biaya transaksi seperti biaya pembelian, biaya penjualan kembali, serta biaya switching.

Pengalaman Beli Reksadana Online di Bareksa
Konfirmasi

Ikuti langkah selanjutnya hingga proses transfer.

Setelah berhasil melakukan verifikasi pembayaran sesuai dengan petunjuk yang ditampilkan oleh halaman website customer service langsung saya hubungi melalui chatting Whatsapp untuk mengkonfirmasi bahwa telah melakukan transfer saldo untuk pembelian reksadana saham dan menyertakan nomor order.

Customer service via WhatsApp langsung merespon dan menyatakan dana telah diterima dan order akan diproses.

Saya tunggu beberapa menit dan coba akses akun di Bareksa ternyata order sudah masuk kedalam list dalam 24 jam reksadana saham yang telah saya beli sudah ada di menu portofolio yang menampilkan detail seperti NAB, nilai investasi semula, jumlah unit, perkiraan nilai investasi akhir, dan return yang didapat.

Karena ini masih proses belajar yang berawal dari coba-coba Saya berharap telah memilih reksadana saham memiliki grafik meningkat dan menghasilkan profit dalam hal ini return sehingga ketika dijual nanti harganya lebih tinggi dari harga awal ketika saya membelinya. Semoga!

Pengalaman Beli Reksadana Online di Bareksa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra