Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Sabtu, 01 April 2017

8 Fitur Baru dan Keunggulan Samsung Galaxy S8 & S8+ (Plus)

8 Fitur Baru dan Keunggulan Samsung Galaxy S8 & S8+ (Plus) - Bencana karena kegagalan produk Galaxy Note 7 membuat Samsung bekerja keras untuk memperbaiki dan hasilnya sangat menakjubkan di mana akhirnya mereka mampu menghadirkan salah satu produk smartphone terbaik tahun 2017 yaitu Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Diperkenalkan akhir bulan Maret 2017 di Amerika Serikat.

Tidak tanggung-tanggung Samsung melakukan banyak sekali perombakan baik dari segi desain maupun jeroan untuk membuat Galaxy S8 dan S8 Plus smartphone papan atas menawarkan berbagai fitur menarik.

8 Fitur baru dan keunggulan Samsung Galaxy S8 & S8+ (Plus)
8 Fitur baru dan keunggulan Samsung Galaxy S8 & S8+ (Plus)

Berikut ini 8 fitur baru dan keunggulan dari Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus:

1. Screen to body ratio
Dan gebrakan besar dilakukan untuk seri terbaru Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8 Plus dimana rasio antara layar dengan body handphone sebesar 83,6% resolusi HD+ 2960 x 1440 pixel menjadikan smartphone dengan bezel paling tipis apalagi bagian pinggir kiri kanan menggunakan layar edge atau melengkung.

Perbedaan Galaxy S7 Dengan S8
Perbedaan Galaxy S7 Dengan S8 - Lawyat

Sebagai perbandingan Samsung Galaxy S7 memiliki screen to body ratio sebesar 72,1% ini karena beberapa area body terdesak oleh tombol home dan juga navigasi.

Tidak hanya membuatnya memiliki layar lebih lebar meskipun ukuran handphone secara keseluruhan tidak ikut terlalu bongsor tetapi juga mengalami peningkatan tingkat ketajaman warna di mana Samsung Galaxy S8 memiliki 570 ppi pixel density sedangkan untuk Samsung Galaxy S8 Plus ditanamkan kemampuan resolusi 529 ppi pixel density.

Layarnya benar-benar jernih karena menggunakan screen type Super AMOLED capacitive touchscreen dengan 16 juta warna. Perbedaannya Galaxy S8 diberi ukuran layar 5,8 inci sedangkan Galaxy S8 Plus memiliki layar berukuran 6,2 inci. Keunggulan ini yang sulit ditandingi oleh smartphone lainnya dimana kebanyakan masih menggunakan jenis layar LCD meskipun kualitas layar full HD.

2. Menghilangnya tombol home
Pada seri sebelumnya contohnya pada Galaxy S7 Samsung masih mempertahankan ciri khas tombol home fisik yang juga difungsikan sebagai pemindai sidik jari atau fingerprint. Membuatnya terlihat identik dengan seri-seri terdahulu bahkan smartphone Android seri pertama dari Samsung yaitu Galaxy Mini.

Tombol Home Virtual
Tombol Home Virtual - Android Authority

Namun kini di seri Galaxy S8 dan S8 Plus Samsung benar-benar ingin menghadirkan desain baru pada smartphone mereka menghilangkan tombol home fisik sebagai ganti pemindai sidik jari atau fingerprint ditempatkan di sebelah kanan kamera. Namun tidak hanya fingerprint fitur baru yang melengkapi Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus adalah pengenal wajah dan pemindai iris.

Jadi pengguna Galaxy S8 dan S8 Plus untuk membuka kunci layar selain tersedia fitur fingerprint juga bisa diaktifkan melalui scan atau pemindai iris. Sebenarnya ini adalah fitur unggulan dari smartphone Samsung Galaxy Note 7 yang gagal di pasar karena terjadinya kesalahan konstruksi mengakibatkan dia mudah meledak. Sekarang pemindai iris dihadirkan di seri Samsung Galaxy S8 juga S8 Plus.

Hilangnya tombol hukum fisik membuat layar Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus terlihat memanjang dengan rasio sekitar 8:19 dan oleh pihak Samsung sendiri ini disebut dengan Infinity Display. Dan kedepannya produk flagship dari Samsung akan mengadopsi tampilan seperti ini untuk memberikan pengalaman bagi pengguna bisa menikmati fitur dan kemampuan smartphone lebih baik.

3. Fitur mirip Snapchat
Fitur Mirip Snapchat
Fitur Mirip Snapchat

Perusahaan Snap atau lebih populer dengan produknya Snapchat dalam beberapa kuartal terakhir memang terus mengalami peningkatan baik dari segi harga saham maupun penggunaan. Dan nampaknya Samsung teratarik memboyong beberapa fitur mirip Snapchat ke Samsung Galaxy S8 dan S8 Edge. Fitur ini bisa ditemukan pada menu kamera disana dihadirkan beberapa filter identik dengan Snapchat.

Fitur ini menawarkan editing pada hasil jepretan kamera Galaxy S8 dan S8 Edge membuatnya terlihat lebih menarik dan cenderung lucu untuk dibagikan ke media sosial termasuk upload video ke YouTube.

4. Prosesor powerful
Sebelumnya diberitakan banyak perusahaan produsen smartphone khususnya kategori flagship seperti Apple, LG, Xiaomi, Huawei merasa kesal dengan Qualcomm sebagai penyedia chipset CPU untuk smartphone khususnya seri terbaru Qualcomm Snapdragon 835. Penyebabnya seluruh produksi awal diborong oleh Samsung mengakibatkan vendor lain tidak kebagian.

Snapdragon 835 + Exynos 8895
Snapdragon 835 + Exynos 8895

Di Galaxy S8 juga S8 Plus Samsung memang memesan khusus prosesor Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo) apalagi memang ada kedekatan di mana processor ini juga menggunakan teknologi dari Samsung sendiri. Snapdragon 835 merupakan processor dengan kinerja terkencang saat ini dimana dia menggunakan CPU Octa Core .

Selain Qualcomm Snapdragon 835 seri Samsung Galaxy S8 dan S8 plus juga menggunakan processor produksi Samsung sendiri yaitu Exynos 8895 Octa EMEA Octa-core (4x2.3 GHz & 4x1.7 GHz). Sekadar informasi tambahan Galaxy S8 dan S8 Plus yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 akan dijual khusus untuk pasar Amerika, sedangkan yang menggunakan prosesor Exynos diperuntukkan untuk negara lainnya seperti Eropa dan Asia.

Meskipun berbeda tetapi dua tipe prosesor ini memiliki kemampuan setara.

5. Asisten digital Bixby
Jika Apple iPhone punya Siri sebagai asisten digital maka untuk pertama kalinya Samsung pun memperkenalkan Bixby yang ditanamkan pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus sebagai salah satu fitur utama membantu penggunaan mendapatkan berbagai informasi.

Bixby
Bixby

Dimana kebanyakan asisten digital yang berbasis kecerdasan buatan hanya mengenali suara atau perintah dalam bentuk suara maka berbeda dengan Bixby dia mampu merespon suara serta gambar. Terkoneksi dengan kamera contohnya ketika kita ingin mengetahui informasi sebuah jam tangan tinggal gunakan fitur Bixby dan arahkan kamera Galaxy S8 atau S8 Plus ke jam tangan tersebut maka ditampilkan informasi mulai dari harga dan spesifikasi. Syaratnya tentu saja smartphone harus terkoneksi dengan internet.

Bixby termasuk fitur yang diistimewakan oleh Samsung di Galaxy S8 serta S8 Plus bahkan dibuatkan tombol khusus untuk mengaksesnya sehingga tidak perlu repot-repot mencari aplikasi Bixby.

6. Samsung DeX
Sudah menjadi rahasia umum jika smartphone saat ini bisa dikatakan sebagai mini PC atau komputer portable dengan berbagai fungsi setingkat komputer konvensional. Sehingga hampir seluruh file bisa terbaca dan dipindahkan ke komputer, biasanya pengguna smartphone memakai cara "kuno" menghubungkan smartphone ke komputer memakai kabel data.

Samsung DeX
Samsung DeX

Namun berbeda pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus dimana Samsung menghadirkan fitur pendukung yaitu Samsung DeX.

Cara menggunakan fitur Samsung DeX cukup hubungkan Galaxy S8 kesebuah dock khusus berupa colokan USB type C ke komputer. Nanti komputer akan membaca Galaxy S8 sebagai "otak" dan jadilah komputer tersebut perangkat bersistem operasi Android. Jadi tidak hanya sebatas transfer file maupun dokumen dari sini kita bisa menikmati berbagai fitur menarik pada komputer dengan citarasa Android. Anda tertarik untuk mencoba?

7. Wireles changer
Wireles changer
Wireles Changer
Memang situs ini sudah ada di seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy S7 dan kini dibenamkan juga pada Galaxy S8 dan S8 Plus. Saja saja ketika menggunakan fitur wireles charger pengisian daya nya tidak akan secepat quick charger. Fitur ini masih bisa diterapkan karena body Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus menggunakan kaca bukan metal.

8. Waterproof anti air
Waterproof anti air
Waterproof Anti Air

Seperti halnya fitur wireles charger ini juga merupakan fitur yang ada pada seri sebelumnya. Tidak perlu khawatir menggunakan Samsung Galaxy S8 juga S8 plus pada kondisi hujan karena dilengkapi dengan sertifikat IP68.

Jadi itulah 8 fitur baru dan keunggulan dari Samsung Galaxy S8 juga s18 di mana ini benar-benar smartphone dengan desain berani dengan menghilangkan tombol home dan yang paling penting memiliki kinerja prosesor Powerful. Anda akan baru merasakan kenyamanan dan kemewahan saat menggenggamnya langsung.

8 Fitur Baru dan Keunggulan Samsung Galaxy S8 & S8+ (Plus) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra