Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 14 November 2016

Cara Membuat Kartu Badung Sehat

Cara Membuat Kartu Badung Sehat - Pemerintah Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Indonesia atau biasa juga disebut Mangupura pada tahun 2016 menerbitkan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Badung dengan meluncurkan kartu Badung Sehat.

Seperti halnya dengan kartu jaminan kesehatan lainnya untuk bisa mendapatkan kartu Badung Sehat masyarakat wajib mendaftar atau melakukan registrasi.

Cara Membuat Kartu Badung Sehat
Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung

Jaminan kesehatan ini nantinya memberikan perlindungan khususnya dalam pelayanan kesehatan baik di Puskesmas maupun Rumah Sakit wilayah Kabupaten Badung. Peserta yang terdaftar di kartu Badung Sehat diberikan fasilitas kelas 3. Informasi yang beredar kartu Badung Sehat nantinya tetap bisa digunakan untuk berobat di rumah sakit lain seperti Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah.

Cara mendaftar atau membuat kartu Badung Sehat cukup mudah. Kebetulan pada kesempatan ini saya melakukan pendataan di Balai Dusun atau Balai Banjar bersamaan dengan masyarakat lainnya.

Berikut ini syarat dan dokumen yang dibutuhkan untuk membuat kartu Bandung sehat:

Pertama siapkan fotokopi kartu keluarga atau KK terbaru yang diterbitkan pada tahun 2011. Serta foto copy KTP semua keluarga yang terdaftar di dalam KK.

Cara Membuat Kartu Badung Sehat
Foto Copy KK & KTP

Serahkan fotocopy kartu KK dan fotocopy KTP pada petugas pendataan dan silahkan antri untuk menunggu panggilan. Saat Anda sudah dipanggil pertama melalui proses pendataan scan retina kemudian dilanjutkan dengan scan fingerprint atau sidik jari pada alat seperti gambar dibawah.

Cara Membuat Kartu Badung Sehat
Scanner Retina & Fingerprint

Proses berikutnya pengambilan foto biasanya menggunakan kamera DSLR. Saat pengambilan foto Anda diberikan sebuah papan berisi nomor induk kependudukan atau NIK pada KTP agar memudahkan petugas untuk melakukan pendataan.

Cara Membuat Kartu Badung Sehat
Kamera

Setelah itu petugas akan memasukkan data mulai dari nomor kartu keluarga, nomor KTP, nama lengkap, data scan retina, data scan fingerprint sidik jari ke dalam komputer atau laptop sebagai database.

Cara Membuat Kartu Badung Sehat
Laptop Untuk Input Data

Sampai disini semua data Anda nanti akan diteruskan ke server pusat untuk proses pembuatan atau cetak kartu Badung Sehat.

Saya belum mendapatkan informasi pasti kapan kartu Badung Sehat akan dicetak setelah pengumpulan data dari masyarakat. Nampaknya akan butuh waktu cukup lama apalagi saat pendataan adalah hari kerja dimana pegawai swasta dan siswa juga mahasiswa sedang mengikuti proses belajar mengajar sehingga harus menyusul.

Dari penjelasan yang diberikan oleh petugas pengumpulan data calon peserta kartu Badung Sehat apabila tidak sempat mendaftar di Balai Dusun atau Balai Banjar nanti bisa menyusul di kantor desa.

Jadi itulah proses dan cara membuat kartu Badung Sehat untuk jaminan layanan medis khusus bagi masyarakat Badung.

Cara Membuat Kartu Badung Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra