Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 17 Februari 2016

Pengalaman Upgrade Kartu 4G LTE Smartfren

Pengalaman Upgrade Kartu 4G LTE Smartfren - Untuk penggunaan akses internet personal saya sudah cukup nyaman menggunakan layanan paket data dari operator CDMA Smartfren. Diawali pada tahun 2009 dulu bernama Smart, ketika itu menggunakan handphone Smart Haier C700 bersama dengan paket unlimited Rp50.000 untuk masa aktif 30 hari atau 1 bulan.

Setelah hampir 2 tahun menggunakan handphone tersebut sebagai modem di komputer dengan tujuan agar bisa menikmati kecepatan internet lebih baik akhirnya beralih menggunakan modem Huawei EC306 - 2 yang juga dikeluarkan oleh Smartfren.

Pengalaman Upgrade Kartu 4G LTE Smartfren
Pengalaman Upgrade Kartu 4G LTE Smartfren

Karena meningkatnya aktivitas pemakai akses internet paket Unlimited Rp50.000 ketika itu tidak mencukupi akhirnya beralih ke kartu pasca bayar dengan paket basic unlimited Rp90.000 untuk 30 hari.

Setelah hampir 3 tahun menggunakan kartu pascabayar tiba-tiba saya mendapatkan notifikasi saat browsing di sebuah halaman website tertera nomor tersebut berkesempatan mendapatkan promo potongan harga smartphone Andromax.

Tidak buang-buang waktu akhirnya kesokkan hari langsung menuju ke galeri Smartfren regional Denpasar. Tidak disangka ternyata antrean disana mengular tujuannya sama untuk mendapatkan potongan harga smartphone Andromax yaitu tipe Andromax Q dan Qi.

Saat dilayani untuk bisa mendapatkan promo tersebut saya harus upgrade kartu lama ke kartu 4G LTE Smartfren. Saya langsung setuju dan memilih smartphone Andromax Qi dengan harga spesial Rp350.000 sebagai pelanggan pascabayar dimana harga normal R1.299.000.

Andromax Qi Yang Saya Dapat Dengan Harga Promo
Andromax Qi Yang Saya Dapat Dengan Harga Promo

Sampai di rumah smartphone Android tersebut tidak digunakan, kartu Smartfren yang telah di upgrade ada di dalamnya saya ambil kemudian dipasang kembali pada modem Huawei EC306-2 yang sebelumnya memang telah terkoneksi dengan router WiFi TP-Link MR3420 v2.

Namun apa yang terjadi? Di awal kartu dan modem terkoneksi dengan baik begitu juga dengan router tiba-tiba tidak sampai 1 menit koneksi terputus, saya pikir ini hanya masalah jaringan dan biasanya router melakukan reconnect. Setelah di tunggu beberapa menit akhirnya terkoneksi kembali ke internet tetapi selang beberapa detik kembali terputus.

Disini mulai curiga mungkin kartu 4G LTE Smartfren tidak support di modem yang saya gunakan. Kartu dicabut kemudian coba kembali pasang di smartphone Andromax Qi, disana koneksi berjalan lancar tanpa ada disconnect bahkan sinyal 4G LTE penuh atau fullbar.

Call center customer service Smartfren kemudian saya hubungi terkait masalah ini karena saya pikir seharusnya di modem Huawei EC306 - 2 kartu 4G LTE Smartfren masih bisa digunakan karena hanya memakai jaringan CDMA 1x dan juga jaringan Evdo Rev A atau Rev B. Namun customer service menyarankan untuk mengganti dengan perangkat yang sudah support jaringan 4G LTE khususnya Smartfren.

Sempat browsing di internet untuk mencari informasi modem 4G LTE support kartu 4G Smartfren akhirnya pilihan jatuh pada modem Huawei E3276 - 920. Singkat cerita modem ini sudah sampai di tangan dengan harga Rp345.000 buru-buru saya tes tapi apa yang terjadi kartu 4G LTE Smartfren tidak terdeteksi bahkan ketika saya registrasi manual dengan mencari jaringan Smartfren maupun jaringan Indo4G tidak tersedia.

Modem Huawei E3276 - 920
Modem Huawei E3276 - 920

Konsultasi kesana kemari setelah hampir 15 hari akhirnya saya menemukan jawabannya.

Penyebabnya adalah di lokasi atau area tempat saya berada jaringan 4G LTE Smartfren menggunakan frekuensi 850 Mhz. Sekadar informasi tambahan Smartfren menggunakan dua frekuensi yaitu 850 Mhz dan 2300 Mhz untuk jaringan 4G. Dan celakanya modem Huawei E3276 -920 berlogo STC yang saya beli hanya support di jaringan 2300 Mhz.

Masalahnya semakin runyam karena kartu 4G LTE Smartfren tidak bisa di downgrade ke kartu reguler dengan tujuan bisa digunakan kembali pada modem sebelumnya Huawei EC306 - 2.

Dari sini saya simpulkan jika Anda membaca postingan ini dan kemudian mengalami masalah serupa mungkin jawaban diatas adalah penyebabnya. Untuk area perkotaan Smartfren menggunakan frekuensi 2300 Mhz sebagai jaringan 4G LTE sedangkan area perluasan memakai frekuensi yang lebih rendah yaitu 850 Mhz.

Jadi saya berencana menutup kartu pasca bayar Smartfren ini yang terlanjur diupgrade, selanjutnya registrasi kartu pasca bayar baru agar bisa mendapatkan kartu reguler seperti sebelumnya.

Begitu ada kesempatan saya langsung menuju Galeri Smartfren tempat upgrade kartu 4G dengan tujuan seperti di atas yaitu tutup berlangganan kartu pasca bayar yang terlanjur di upgrade kemudian registrasi ulang menggunakan identitas berbeda. Tapi sangat disayang customer di Galeri tidak bisa membantu setelah berkonsultasi dengan manajer dinyatakan registrasi kartu pasca bayar sementara tidak bisa dilakukan. Dalam pikiran saya "Waduh... Sial banget diriku"

Terkait ketidak-sesuaian perangkat disarankan membeli modem Mi-Fi Smartfren agar kartu 4G LTE tersebut bisa digunakan. Jika memang tertarik dan butuh perangkat tersebut sudah sejak awal saya beli, karena pekerjaan di rumah membutuhkan koneksi internet sepanjang hari dan saya tidak ingin ribet dengan modem Mi-Fi dimana menggunakan supply power baterai harus dicharger jadi penggunaan router konvensional jauh lebih praktis dan jangkauannya juga lebih luas.

Karena terlihat antrian begitu panjang di galeri Smartfren supaya yang lain segera mendapat pelayanan saya langsung cabut balik kerumah, sebelum itu saya meninggalkan nomor handphone agar nanti dihubungi apabila registrasi kartu pasca bayar sudah bisa dilakukan.

Sampai di rumah saya menghubungi call center customer service Smartfren menanyakan hal terkait registrasi kartu pasca bayar. Dan celakanya lagi call center menyatakan registrasi kartu pasca bayar masih bisa dilakukan di semua galeri Smartfren sesuai dengan syarat dan kebijakan yang berlaku. Ahahaha... bagaimana ini? Dan supaya bisa digunakan di perangkat lama saya dianjurkan beli kartu reguler. Lha... ini kartu pascabayar jika seandainya prabayar sudah saya lempar beli kartu baru.

Hingga saat ini saya masih bertahan menggunakan kartu 4G LTE Smartfren rencana dua hari lagi menuju Galeri Smartfren yang berbeda kebetulan di regional tempat saya berada ada tiga lokasi galeri Smartfren.

Semoga saja nanti di sana bisa registrasi kartu pasca bayar baru dan mendapatkan kartu Smartfren reguler karena saya butuh layanan paket data internet Smartfren digunakan pada modem dan router WiFi.

Pengalaman Upgrade Kartu 4G LTE Smartfren Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra