Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 06 November 2015

Penyebab Pengembalian Dana di Tokopedia

Penyebab Pengembalian Dana di Tokopedia - Belanja online di tokopedia.com memang sangat praktis dan tentu saja yang terpenting adalah lebih aman karena menggunakan sistem rekber atau rekening bersama gratis dari pihak Tokopedia.

Sistem ini yang bisa meminimalisir terjadinya penipuan transaksi antara pihak penjual dan pembeli. Selain itu metode pembayaran di Tokopedia juga semakin beragam karena beberapa waktu yang lalu pihak pembeli bisa membayar pesanan atau order melalui minimarket Indomaret.

Penyebab Pengembalian Dana di Tokopedia
Penyebab Pengembalian Dana di Tokopedia

Sebagai pembeli untuk bisa melakukan order ada pemesanan barang di tokopedia.com wajibkah memiliki akun Tokopedia. Jadi terlebih dahulu wajib melakukan registrasi menggunakan alamat email dan diverifikasi dengan nomor handphone.

Ketika melakukan pembayaran pada produk atau barang yang telah di order kita wajib melakukan verifikasi kecuali jika menggunakan metode pembayaran instan seperti klikpay BCA atau Mandiri clickpay.

Namun terkadang ada beberapa alasan yang mengakibatkan uang hasil pembayaran di refund atau dikembalikan ke saldo akun Tokopedia.

Berikut ini beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan pengembalian dana atau refund uang pembayaran ke akun Tokopedia.

Seller menolak pesanan

Karena berbagai alasan dan tanpa adanya komunikasi sebelum barang atau produk diorder bisa saja pihak seller menolak pesanan kita. Sebagai contoh kasus stok barang tersebut habis.

Kasus ini bisa terjadi karena seller tidak melakukan update pada status barang yang dijual tidak memberi keterangan stok habis atau produk tidak dipindahkan ke gudang sehingga masih bisa dilihat oleh calon pembeli.

Pesanan tidak direspon

Uang hasil pembayaran juga bisa direfund dimasukkan ke saldo akun Tokopedia karena dalam waktu maksimal tiga hari order dari pembeli tidak direspon.

Ini merupakan salah satu sistem keamanan otomatis yang diterapkan oleh website tokopedia.com demi menjamin keamanan pembeli dan penjual.

Order tidak direspon bisa saja karena telur sedang mengalami kesibukan dan tidak sempat mengecek tokonya di Tokopedia. Tips menghindari order dari toko yang jarang aktif bisa melihat kapan terakhir kali arti dari buku tersebut online.

Pesanan tidak dikirim

Ketika ada order masuk ke sebuah buku di tokopedia.com proses pertama adalah verifikasi pembayaran lalu kemudian mendapat respon atau tanggapan dari seller.

Twitter order telah diterima namun tidak dikirim dalam waktu maksimal lima hari maka secara otomatis pesanan tersebut akan dicancel atau dibatalkan. Dan uang pembayaran pesanan tersebut secara otomatis masuk ke saldo akun Tokopedia pembeli.

Permintaan pembatalan

Jika masih memungkinkan pihak pembeli juga bisa melakukan pembatalan pesanan dengan mengirim pesan kepada pihak penjual. Seperti contoh kasus salah melakukan pemesanan barang masih bisa didiskusikan dengan pihak seller dengan syarat barang tersebut belum dikirim melalui kurir.

Aktivitas mencurigakan

Tokopedia.com memiliki hak membatalkan sebuah order apabila melihat ada aktivitas mencurigakan yang mungkin resiko pada transaksi tersebut sehingga saldo atau uang dari transaksi pembayaran barang kembali masuk ke saldo akun Tokopedia.

Kasus ini biasanya terjadi pada beberapa toko yang sedang diadministrasi oleh pihak tokopedia.com.

Itulah beberapa faktor penyebab pengembalian dana di Tokopedia. Dana tersebut bisa ditarik rekening tabungan bank.

Penyebab Pengembalian Dana di Tokopedia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra