Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 10 November 2015

Mengapa Barang Pesanan Tokopedia Belum Sampai

Mengapa Barang Pesanan Tokopedia Belum Sampai - Beli barang atau belanja online di tokopedia.co.id memang sedang digandrungi karena sistemnya sangat simple dan yang paling penting bisa memberikan perlindungan keamanan transaksi untuk menghindari penipuan.

Saat ini Tokopedia sudah bekerjasama dengan beberapa jasa ekspedisi atau kurir pengiriman barang. Nantinya pembeli bisa memilih jasa ekspedisi mana yang akan digunakan. Tersedia JNE, POS Indonesia, Wahana, TIKI, Dll.

Mengapa Barang Pesanan Tokopedia Belum Sampai
Mengapa Barang Pesanan Tokopedia Belum Sampai

Untuk urusan pengiriman paket atau barang yang telah di order di Tokopedia tidak sedikit pembeli atau buyer menanyakan terkait status pengiriman barang.

Salah satu pertanyaan yang paling umum adalah "Mengapa barang pesanan di Tokopedia belum sampai?"

Pertama yang perlu diketahui sebelum melakukan order ada pesanan di tokopedia.com ada beberapa proses yang harus dilalui.

Dan Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa barang pesanan di Tokopedia tidak kunjung sampai di tempat penerima.

Belum dibayar

Tentu saja... :) barang tidak akan dikirim oleh pihak penjual apabila pesanan tersebut belum dibayar oleh pembeli.

Untuk metode pembayarannya sendiri bisa memilih beberapa opsi seperti transfer lewat ATM atau internet banking juga SMS banking. Tersedia juga metode pembayaran instan seperti melalui saldo Tokopedia dan klikpay BCA atau Mandiri clickpay.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan pembayaran pesanan di Tokopedia melalui Indomaret.

Belum konfirmasi pembayaran

Barang atau produk yang telah kita bayar khususnya melalui metode manual seperti transfer Saldo di ATM, internet banking danSMS banking wajib mengkonfirmasi pembayaran dengan menyertakan bukti transfer.

Jika pembayaran tidak dikonfirmasi oleh pembeli tentu pihak Tokopedia tidak bisa memastikan apakah pesanan tersebut telah dibayar atau belum.

Jika anda masih merasa bingung bagaimana cara konfirmasi pembayaran di Tokopedia silahkan baca postingan Cara Konfirmasi Pembayaran Order di Tokopedia.

Pembayaran belum diverifikasi

Setelah konfirmasi pembayaran berikutnya kita harus menunggu pembayaran tersebut diverifikasi oleh pihak Tokopedia.

Proses Ini Membutuhkan waktu 2 x 24 jam apabila pembayaran dilakukan dengan metode transfer saldo rekening bank berbeda. Tetapi jika pembayaran dengan metode transfer ke rekening bank yang sama membutuhkan waktu 1 x 24 jam.

Namun bagi pembeli yang menggunakan metode pembayaran instan verifikasi bisa berlangsung lebih cepat.

Belum direspon penjual

Barang tidak kunjung data ke alamat pembeli juga bisa disebabkan karena ternyata pesanan tersebut belum direspon oleh penjual.

Prosesnya setelah pembayaran diverifikasi tokopedia.com selanjutnya diteruskan ke pihak seller atau penjual. Di sana nantinya penjual akan memutuskan apakah menerima atau menolak pesanan tersebut.

Tokopedia sendiri memberikan batas waktu maksimal 3 hari bagi penjual agar merespon pesanan dari pembeli. Apa Bila melewati batas masa waktu tidak direspon maka secara otomatis dibatalkan.

Proses pengiriman

Setelah pesanan diterima oleh pihak seller selanjutnya adalah proses pengiriman. Sealer diberikan waktu maksimal 5 hari untuk segera mengirim pesanan dari pembeli.

jika pesanan telah dikirim seller akan menginput nomor resi pengiriman sesuai dengan jenis ekspedisi atau kurir yang digunakan. Dari nomor resi tersebutlah pembeli bisa melacak status keberadaan barang.

Estimasi pengiriman

Saat serah terima paket dari penjual ke pihak ekspedisi yang nantinya diantar ke alamat pembeli membutuhkan waktu sesuai dengan jenis paket dan tarif yang dibayar.

Kita ambil contoh estimasi pengiriman membutuhkan waktu 4 hari. Jika barang diserahkan pada tanggal 5 bulan bersangkutan perkiraan sampai ke alamat penerima adalah tanggal 9.

Namun estimasi pengiriman bisa menjadi sedikit lebih lama karena beberapa faktor seperti cuaca dan perubahan jadwal penerbangan pesawat.

Tentu saja Ini bisa menyebabkan mengapa barang pesanan di Tokopedia terlambat sampai di tujuan.

Faktor lainnya

Barang tidak kunjung datang ke alamat pembeli bisa juga terjadi karena fakta tak terduga seperti paket tertahan di kantor jasa ekspedisi. Ini bisa terjadi mungkin karena alamat penerima paket kurang jelas atau tidak terjangkau oleh kurir.

Penyebab lainnya bisa juga karena paket barang tersebut hilang. Untuk kasus yang satu ini jika pada saat pengiriman diikutkan ke dalam asuransi barang yang hilang tersebut bisa diganti.

Jadi itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan mengapa barang pesanan Tokopedia belum sampai ke alamat penerima. Hubungi pihak seller jika Anda merasa barang terlalu lama di ekspedisi.

Mengapa Barang Pesanan Tokopedia Belum Sampai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra