Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 16 Oktober 2015

Tips Mencegah Varises Ketika Hamil

Tips Mencegah Varises Ketika Hamil - Terjadinya kehamilan merupakan harapan dari semua pasangan karena dari sanalah bisa terlihat reproduksi dalam keadaan sehat. Namun demikian ketika masa masa kehamilan ada banyak perubahan baik secara fisik maupun fisiologis pada calon ibu. Mulai dari bertambahnya berat badan serta perubahan hormonal yang kadang bisa menyebabkan munculnya rasa mual disertai muntah.

Tidak hanya rasa mual dan muntah pada kehamilan juga bisa terjadi masalah kesehatan pada pembuluh darah salah satunya adalah munculnya varises.

Tips Mencegah Varises Ketika Hamil
Tips Mencegah Varises Ketika Hamil

Gejala varises memang sebagian besar terjadi pada wanita hamil penyebabnya tentu saja karena bobot pada janin yang ada di rahim pembuluh darah balik dari kaki menuju ke jantung.

Meskipun demikian bisa diusahakan untuk mengurangi risiko terjadinya varises ketika hamil.

Berikut ini tips mencegah varises ketika hamil.

Posisi tidur
Pada wanita hamil memang akan kesulitan menentukan posisi tidur ukuran perut yang semakin membesar. Dan untuk posisi terbaik sebagai tindakan mencegah terjadinya varises pada pembuluh darah vena dianjurkan mengambil posisi tidur menghadap ke bagian kiri.

Posisi ekstermitas
Ekstremitas atau organ gerak tubuh seperti tangan dan kaki saat tidur usahakan posisinya lebih tinggi dibandingkan posisi jantung. Tujuannya tentu saja memperlancar aliran darah area jantung dengan memanfaatkan gaya gravitasi sehingga mengurangi resiko terjadinya varises pada ibu hamil.

Aktivitas fisik
Meskipun kondisi tubuh sedang hamil aktivitas fisik harus tetap berlangsung hanya saja tidak boleh terlalu berat. Mengikuti olahraga seperti senam hamil juga merupakan salah satu tips mencegah varises ketika hamil, dengan mengikuti panduan dari para instruktur senam hamil.

Posisi kaki
Kebanyakan ibu hamil memilih posisi duduk dengan melipat kaki. Sebaiknya hindari perilaku seperti ini secara langsung akan menghambat sirkulasi darah di area tersebut yang tertekuk tersebut sehingga berpotensi terjadinya varises. [Baca juga: Jumlah Darah Yang Dipompa Jantung Dalam Sehari]

Itulah beberapa tips mencegah varises ketika hamil sehingga proses kehamilan begitu juga dengan proses kelahiran bayi bisa berjalan lancar.

Tips Mencegah Varises Ketika Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra