Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 10 September 2015

4 Makanan Bantu Jaga Kesehatan Pencernaan

4 Makanan Bantu Jaga Kesehatan Pencernaan - Untuk bisa beraktivitas sehari-hari tubuh membutuhkan asupan energi atau kalori. Setiap individu memang memiliki kebutuhan kalori berbeda-beda dan banyak faktor yang mempengaruhi sel tersebut mulai dari usia, jenis kelamin, dan kepadatan aktivitas dalam sehari. Untuk tetap menjaga asupan kalori tetap optimistis tentu dibutuhkan sistem pencernaan yang bisa bekerja secara maksimal.

4 Makanan Bantu Jaga Kesehatan Pencernaan
4 Makanan Bantu Jaga Kesehatan Pencernaan

Hal inilah yang masih jarang disadari oleh masyarakat secara umum. Untuk itu penting sekali bagi kita semua menjaga organ pencernaan, mulai dari menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang berpotensi membahayakan saluran pencernaan. Atau dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan.

Berikut ini 4 jenis makanan bantu jaga kesehatan pencernaan.

Sayur berwarna gelap
Banyak jenis sayuran yang beredar di pasaran dan harganya pun relatif jauh lebih murah dari harga daging. Namun demikian kandungan gizi dan nutrisi di dalam sayur juga sangat melimpah termasuk manfaatnya bagi kesehatan pencernaan.

Untuk bisa bekerja dengan baik saluran pencernaan khususnya pada bagian usus halus dan usus besar membutuhkan bantuan syarat agar bisa menyerap kandungan gizi nutrisi dalam makanan begitu juga absorpsi dan reabsorpsi cairan mencegah terjadinya konstipasi.

Sayuran berwarna gelap cenderung memiliki kandungan serat lebih tinggi dan tentu saja itu berarti sangat dibutuhkan oleh organ pencernaan kita.

Probiotik
Saluran pencernaan khususnya bagian bawah tidak hanya berisi makanan yang akan diserap nutrisinya tetapi juga memiliki banyak bakteri baik patogen maupun apatogen artinya bakteri jahat dan beberapa bakteri baik.

Untuk menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus dibutuhkan zat yang namanya probiotik hal ini bisa membantu untuk mencegah salah satu penyakit saluran pencernaan yaitu diare.

Bawang putih
Penggunaan bawang putih di dalam makanan cenderung digunakan sebagai bumbu makanan yang jumlahnya pun tidak terlalu banyak. Tetapi ternyata beberapa penelitian menunjukkan ternyata bawang putih mampu membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker usus.

Tentu saja ini merupakan kabar baik khususnya bagi kita yang tinggal di Indonesia dimana hampir setiap masakan menggunakan bumbu dengan bahan baku bawang putih Yang ternyata memiliki manfaat positif bagi kesehatan pencernaan.

Kacang-kacangan
Untuk menjaga kesehatan Saluran pencernaan yang dibutuhkan tidak hanya probiotik tetapi juga antioksidan termasuk asam folat. Kedua zat tersebut banyak terdapat atau terkandung di dalam kacang-kacangan sehingga sangat baik bagi kesehatan usus.

Namun perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi makanan kacang-kacangan baik secara langsung maupun dalam bentuk produk makanan olahan sebaiknya dibatasi apalagi bagi penderita penyakit asam urat. [Baca juga: Lidah Buaya Baik Untuk Saluran Pencernaan]

Jadi itulah 4 jenis makanan yang bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan.

4 Makanan Bantu Jaga Kesehatan Pencernaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra