Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 27 Agustus 2015

Cara Mencegah Penyakit Varises

Cara Mencegah Penyakit Varises - Seperti yang kita ketahui sejak masih duduk di bangku sekolah dasar bahwa di dalam tubuh terdapat dua jenis pembuluh darah utama yaitu arteri dan vena. Pembuluh darah arteri sering digambarkan berwarna merah itu karena dia berfungsi sebagai jalur oksigen dan nutrisi lainnya ke seluruh tubuh. Sedangkan pembuluh darah vena digambarkan berwarna biru karena dia membawa "sampah-sampah" metabolisme kembali ke jantung.

Ada banyak masalah kesehatan yang bisa terjadi pada jaringan pembuluh darah salah satunya adalah penyakit varises. Umumnya varises terjadi di bagian ekstremitas bawah yaitu kaki meskipun terkadang juga bisa terjadi pada tangan maupun bagian tubuh lainnya.

Cara Mencegah Penyakit Varises
Cara Mencegah Penyakit Varises

Secara visual masalah varises memang bisa sangat mempengaruhi atau penampilan seseorang. Jadi sebelum semua itu terjadi ada baiknya kita melakukan pencegahan.

Berikut ini pertolongan pertama dan cara mencegah penyakit varises.

Penggunaan stocking
Pada bagian tubuh yang telah menunjukkan gejala gejala varises atau sebagai penanggulangan dini bisa menggunakan stoking elastis. Dimana tujuannya untuk memberikan tekanan halus pada pembuluh darah.

Ubah posisi
Usahakan posisikan bagian tubuh yang mengalami varises badan lebih tinggi dibandingkan posisi jantung tujuannya agar darah mengalir lebih lancar dan tidak menumpuk di area tersebut. ini dilakukan sekitar dua sampai tiga kali dalam sehari dengan rentan waktu rata-rata 30 menit. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai pencegahan.

Aktivitas fisik
Kecenderungan varises terjadi pada wanita hamil dan orang yang kurang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Apabila tubuh kurang bergerak maka aliran darah di dalam Vena menuju bagian paru-paru dan jantung akan mengalami hambatan sehingga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yaitu varises.

Menjaga berat badan ideal
Selain kurangnya aktivitas fisik atau olahraga berat badan juga bisa menjadi faktor pencetus terjadinya varises pada pembuluh darah vena. Pada kasus obesitas sirkulasi udara menjadi terhambat apalagi kecenderungan orang dengan obesitas malas melakukan olahraga.

Penggunaan pakaian
Cara mencegah penyakit varises lainnya adalah hindari menggunakan pakaian ketat khususnya di area pinggang atau paha karena karena hal tersebut bisa menghambat aliran darah Vena bagian kaki.

Hindari sepatu hak tinggi
Sepatu berhak tinggi sudah pasti memiliki bagian tumit lebih tinggi sehingga hal ini berdampak pada gaya gravitasi dan proses sirkulasi darah dari ujung kaki menuju bagian atas menjadi lebih sulit. Inilah salah satu faktor pencetus terjadinya varises khususnya di bagian kaki atau paha. [Baca juga: Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah]

Jadi itulah beberapa cara mencegah penyakit varises sistem sirkulasi darah yang bisa bekerja secara optimal.

Cara Mencegah Penyakit Varises Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra