Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 29 Juli 2015

Bagaimana Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Stroke

Bagaimana Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Stroke - Sebagai salah satu jaringan yang ada di dalam organ pencernaan tanpa banyak disadari sebenarnya gigi memiliki peranan yang cukup vital. Tanpa bantuan gigi sebagai penghancur makanan sebelum masuk ke lambung organ pencernaan tidak akan mampu menyerap gizi dan nutrisi secara sempurna yang nantinya digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi termasuk zat pembangun dalam proses kehidupan.

Karena beberapa faktor penyebab gigi bisa mengalami gangguan kesehatan dan biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada gusi yang biasa dikenal dengan istilah sakit gigi.

Bagaimana Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Stroke
Pusing, Salah Satu Gejala Awal Penyakit Stroke

Umumnya sakit gigi terjadi karena adanya perkembangan dan pembiakan bakteri di sekitar atau di dalam gigi itu sendiri. Situasi ini memicu kerusakan jaringan pada gigi dan direspon oleh saraf yang ada disekitar gusi karena mengalami pembengkakan.

Ketika muncul rasa nyeri atau sakit gigi sebenarnya masalah yang terjadi tidak hanya itu saja, sebab banyak sekali komplikasi yang mungkin terjadi setelahnya salah satu yang jarang diketahui adalah potensi penyakit stroke.

Lalu bagaimana sakit gigi bisa menyebabkan terjadinya penyakit stroke?

Terjadinya masalah kesehatan sakit gigi diakibatkan oleh infeksi bakteri secara langsung akan berpeluang terjadinya penyebaran bakteri melalui aliran pembuluh darah. Dari sana semua organ bisa dituju termasuk sistem saraf pusat atau otak.

Ketika bakteri tersebut melakukan invasi di dalam jaringan otak beberapa jaringan bisa mengalami kerusakan pembuluh darah otak. Apabila pembuluh darah otak mengalami peradangan atau infeksi maka besar kemungkinan dia bisa ruptur atau pecah dan dari sanalah akan menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

Inilah yang patut Kita waspadai agar tidak meremehkan sedikit saja rasa nyeri yang muncul pada area gigi.

Untuk mencegah terjadinya penyakit stroke karena riwayat pernah mengalami infeksi pada gigi penting sekali bagi kita untuk rutin dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Tidak hanya itu saja check up atau pemeriksaan secara berkala tempat pelayanan kesehatan juga sangat diperlukan untuk memastikan status kesehatan gigi dan mulut.

Gigi berlubang sebagai faktor utama terjadinya infeksi gigi dan munculnya rasa nyeri pada gusi umumnya diawali karena adanya lubang micro yang tidak terdeteksi secara kasat mata. Lubang ini awalnya muncul karena gigi tidak terawat secara bersih sehingga mempengaruhi keasamaan gigi menyebabkan yang mudah berlubang dan selanjutnya menjadi media berkembangbiaknya bakteri.

Tips bagi Anda yang sedang mengalami sakit gigi atau tepatnya sakit gusi karena peradangan pada gigi sebaiknya langsung mencari pengobatan di tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas. Tentu saja dengan tujuan segera mendapatkan pengobatan yang lebih akurat dengan dosis sesuai dengan masalah kesehatan yang dialami.

Karena akhir akhir ini banyak masyarakat mencari informasi penyakit termasuk pengobatannya melalui media massa internet. Padahal kita tidak bisa menjadi seorang dokter hanya dari internet jadi lebih bijak ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pemeriksaan termasuk pengobatan dengan dosis yang tepat.

Bagaimana Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Stroke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra