Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 18 April 2015

Penyebab Penyakit Infeksi Sinusitis

Penyebab Penyakit Infeksi Sinusitis - Di belakang rongga hidung kita memiliki beberapa celah atau rongga yang tidak terlihat sering disebut dengan sinus. Terdapat 4 rongga sinus diantaranya sinus frontalis, sinus etmoidalis, sinus sphenoidalis, dan sinus maksilaris. Dari keempat sinus tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda. Meskipun jarang diketahui sebenarnya rongga sinus memiliki peranan pada sistem pernapasan kita diantaranya mengatur suhu udara yang akan masuk ke saluran pernapasan bawah.

Sinus juga berperan sebagai pengatur tekanan udara ketika menghembuskan napas atau berbicara. Apabila terjadi infeksi pada sinus maka salah satu gejalanya adalah gangguan jalan nafas dan perubahan resonansi suara ketika kita berbicara.

Penyebab Penyakit Infeksi Sinusitis
Penyebab Penyakit Infeksi Sinusitis

Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit infeksi sinusitis:

Sinusitis karena virus
Ada beberapa jenis virus yang mendalangi terjadinya infeksi pada sinus diantaranya rhinovirus, virus influenza, dan juga virus prainfluenza. Virus tersebut tidak secara langsung menyerang pada rongga sinus tetapi sebelumnya melakukan invasi menyebabkan penyakit influenza kemudian virus menyebar ke rongga sinus dan berkembang biak di dalamnya sehingga terjadilah infeksi sinusitis.

Sinusitis karena bakteri
Jenis bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit infeksi sinus adalah streptococcus pneumonia dan juga bakteri hemofilus influenza. Virus ini sangat mudah masuk ke dalam tubuh ketika kita mengalami penurunan daya tahan tubuh. Biasanya sinusitis karena bakteri terjadi karena pengobatan yang tidak tuntas pada penyakit dengan infeksi streptococcus pneumoniae sehingga akhirnya menjalar ke area sinus.

Sinusitis karena jamur
Adanya jamur pada rongga sinus biasanya diawali dengan terlalu lama berada di lingkungan dengan kelembaban udara yang cukup tinggi atau karena seseorang menderita penurunan sistem daya tahan tubuh seperti pada kasus infeksi virus HIV.

Sinusitis karena trauma
Sinus yang mengalami kerusakan atau trauma misalnya karena kecelakaan juga berpotensi menjadi penyebab penyakit infeksi sinusitis. Biasanya diawali dengan adanya penumpukan cairan atau darah di dalamnya sehingga menjadi media tumbuhnya bakteri maupun kuman yang selanjutnya melakukan investasi.

Ketika rongga sinus mengalami infeksi gejala awal yang sering muncul adalah terasa pusing yang tidak kunjung hilang meskipun sudah minum obat anti nyeri. Gejala samar lainnya adalah hidung terasa seperti tersumbat sehingga menyulitkan kita ketika bernafas.

Penyakit infeksi sinusitis apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat itu bisa menimbulkan berbagai komplikasi diantaranya menjalar pada saluran pernapasan atau bisa menginfeksi bagian frontal dari susunan saraf pusat.

Itulah beberapa penyebab penyakit infeksi sinusitis yang perlu kita ketahui dan semoga bisa dijadikan referensi agar lebih waspada dan bisa melakukan pencegahan.

Penyebab Penyakit Infeksi Sinusitis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra