Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 11 April 2015

Penyebab Penyakit Batu Empedu Kolelitiasis

Penyebab Penyakit Batu Empedu Kolelitiasis - Empedu merupakan cairan yang diproduksi di dalam hati atau hepar fungsi utamanya adalah sebagai koagulan antara air dengan lemak yang ada di usus halus sehingga bisa bercampur dan mudah diserap oleh tubuh. Cairan empedu ditampung dalam sebuah kantung yang disebut dengan kantung empedu. Letak jaringan kantung empedu berada tepat dibawah organ hati dan memiliki saluran menuju ke usus 12 jari. Dalam bahasa indonesia juga sering disebut dengan nyali.

Penyebab Penyakit Batu Empedu Kolelitiasis
Penyebab Penyakit Batu Empedu Kolelitiasis

Kantung empedu dan salurannya terkadang bisa mengalami masalah penyumbatan salah satu etiologi yang paling banyak menyebabkan hal tersebut adalah munculnya batu empedu.

Penyakit batu empedu bisa berupa tumpukan kristal padat yang ada di dalam kantung empedu maupun saluran yang menuju ke usus halus atau usus 12 jari. Ukuran dari batu empedu bisa bervariasi mulai dengan mikro bahkan sampai menyebabkan penyumbatan atau obstruksi cukup parah.

Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit batu empedu kolelitiasis.

Faktor genetik
Faktor keturunan menjadi faktor penyebab cukup dominan terhadap terjadinya penyakit batu empedu.

Kegemukan atau obesitas
Orang yang memiliki berat badan berlebihan atau kegemukan bahkan obesitas sangat berpotensi mengalami pembentukan batu di dalam kantung empedu. Timbunan lemak yang ada di dalam darah memicu kristalisasi pada cairan empedu apalagi biasanya orang dengan masalah kesehatan obesitas cenderung kurang aktif dalam aktivitas fisik dan itu secara langsung akan menambah risiko terjadinya penyakit batu empedu kolelitiasis.

Kehamilan dengan pil kontrasepsi
Pada wanita hamil umumnya mengalami penurunan aktivitas atau pergerakan dari saluran kantung empedu sehingga meningkatkan potensi pembentukan batu empedu. Begitu juga dengan ketika seseorang minum pil kb atau kontrasepsi oral terjadi penurunan kecepatan pengosongan kantung empedu.

Gangguan metabolisme kalsium
Pada beberapa orang bisa saja mengalami masalah pada metabolisme kalsium di dalam tubuh. Dimana kelebihan asupan kalsium tidak mampu dibuang dengan optimal keluar dari tubuh sehingga mengalami penumpukan, kalsium merupakan salah satu zat yang bertanggung jawab terhadap pembentukan jaringan pada di dalam tubuh termasuk batu empedu.

Infeksi atau inflamasi
Terjadinya infeksi atau inflamasi pada kantung empedu juga bisa menjadi penyebab penyakit batu empedu kolelitiasis. Bakteri mengganggu sistem kerja dari kantung empedu tidak mampu bekerja secara maksimal sehingga proses transpor cairan empedu ke usus halus tidak berjalan dengan baik.

Faktor usia
Seiring bertambahnya usia seseorang maka dengan pasti akan terjadi penurunan kemampuan aktivitas fisik maupun psikologis istilah ini biasa disebut dengan proses degenerasi. Tentu saja situasi ini akan membuat kinerja dari saluran empedu menurun dan sangat berpotensi terjadinya penimbunan kristal pembentukan batu empedu.

Penyakit batu empedu kolelitiasis umumnya menyerang usia diatas 50 tahun namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada usia yang lebih muda.

Beberapa tanda dan gejala klinis dari penyakit batu empedu kolelitiasis diantaranya adalah rasa nyeri di bagian pinggang, timbul rasa mual dan muntah, dan mengalami masalah pada sistem saluran pencernaan.

Itulah beberapa faktor penyebab penyakit batu empedu kolelitiasis.

Penyebab Penyakit Batu Empedu Kolelitiasis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra