Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 10 Januari 2015

Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolesterol “Jahat”

Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolesterol “Jahat” - Keberadaan kolesterol di dalam tubuh sebenarnya sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh karena sesungguhnya ada beragam jenis kolesterol baik yang bersifat menguntungkan seperti HDL [high density lipoprotein]. Namun memang ada juga jenis kolesterol “jahat” yang beredar di dalam tubuh biasa disebut LDL [low density lipoprotein]. LDL merupakan kolestrol yang bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan khususnya kesehatan kardiovaskuler yang erat kaitanya dengan pembuluh darah.
Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat
Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat

Beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan karena tingginya kadar kolesterol LDL diantaranya adalah penyakit jantung, gangguan pembuluh darah perifer, penyakit stroke, juga terganggunya kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Untuk bisa menghindari terjadinya penumpukan kolesterol “jahat” LDL sangat penting bagi kita menerapkan perilaku hidup sehat seperti rutin melakukan aktivitas olahraga walaupun mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol “jahat”.

Makanan tinggi kandungan serat

Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat
Makanan Tinggi Serat

Serat yang kita konsumsi oleh tubuh memang tidak secara langsung berinteraksi dengan kolesterol “jahat” dan kadarnya bisa diturunkan. Serat lebih cenderung efektif untuk melancarkan program diet karena dengan makanan tinggi serat membuat perut terasa kenyang lebih lama akan berdampak pada penurunan konsumsi makanan tinggi kalori juga tinggi lemak atau kolesterol.

Bawang putih

Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat
Bawang Putih

Secara ilmiah zat yang terkandung dalam bawang putih dapat menghambat oksidasi pada kolesterol “jahat” LDL sehingga hal ini membuat aktivitasnya bisa ditekan ketika menempel di pembuluh darah.

Kacang kacangan


Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat
Kacang-kacangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi makanan dengan bahan baku kacang sekitar 29 gr/hari bisa membantu menurunkan risiko terserang penyakit jantung yang disebabkan oleh terjadinya penumpukan kolesterol “jahat” pada dinding pembuluh darah.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol “jahat” di dalam tubuh. Yang perlu diperhatikan juga agar terhindar dari penumpukan kolesterol LDL yaitu rutin melakukan aktivitas olahraga fisik juga menghindari duduk terlalu lama.

Jenis Makanan Yang Bisa Menurunkan Kolesterol “Jahat” Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra