Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 22 September 2014

Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak - Ada banyak alasan seorang tetap menggunakan lensa kontak pada mata mungkin karena alasan kesehatan untuk membantu meningkatkan tajam penglihatan atau sekadar fashion menambah penampilan. Pada beberapa kejadian penggunaan lensa kontak merasa malas untuk melepasnya saat akan tidur atau tanpa sengaja karena kesibukan aktivitas. Sebaiknya situasi ini jangan dijadikan kebiasaan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata.

Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak
Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Secara fisiologis bagian mata kita membutuhkan oksigen yang biasa didapat melalui sirkulasi aliran darah pada rongga bola mata yang berasal dari pembuluh darah optikus. Meskipun begitu sedikit berbeda pada bagian kornea mata yang bersifat transparan dan tidak memiliki pembuluh darah sehingga cara satu-satunya untuk mendapatkan oksigen adalah melalui kontak langsung dengan udara luar.

Ketika bagian kornea mata sepenuhnya dalam sehari tertutup oleh lensa kontak bahkan ketika kita tidur maka yang bisa ditimbulkan adalah mataa kekurangan oksigen sehingga mengganggu sistem kerja dari bola mata.

Pada saat kita terjaga dengan menggunakan lensa kontak bagian kornea masih bisa mendapatkan asupan oksigen karena ketika mata kita berkedip ada sedikit celah dan sesi untuk masuknya oksigen dalam jaringan kornea sedangkan ketika tidur lelap mata tidak berkedip sama sekali sehingga tidak ada peluang bagi oksigen untuk bisa masuk ke dalam kornea.

Bahaya tidur menggunakan lensa kontak selain bisa mengganggu oksigenasi pada mata juga berpotensi meningkatnya risiko tumbuhnya kuman atau bakteri karena lingkungan menjadi lebih lembab ketika lensa kontak terus menempel di kornea mata.

Hampir semua jenis lensa kontak yang digunakan saat tidur potensi menyebabkan terjadinya iritasi pada bagian kornea mata yang dalam bahasa medis disebut dengan keratitis. Itulah bahaya tidur menggunakan lensa kontak. Mengatasi Sakit Leher Karena Salah Tidur

Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra