Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 14 Agustus 2014

Hubungan Makanan Manis Dengan Terjadinya Diabetes

Hubungan Makanan Manis Dengan Terjadinya Diabetes - Penyakit kencing manis yang terdalam diabetes mellitus sebenarnya sudah eksis sejak 1500 tahun sebelum masehi. Di jaman modern penderita penyakit diabetes terus mengalami peningkatan dimana kecenderungan masyarakat memiliki perilaku dan pola makan yang kurang sehat.

Hubungan Makanan Manis Dengan Terjadinya Diabetes
Hubungan Makanan Manis Dengan Terjadinya Diabetes

Penyakit diabetes mellitus sendiri merupakan gangguan kesehatan metabolik yang memiliki tanda dan gejala umum yaitu peningkatan kadar glukosa atau gula darah. Jumlah gula darah terus mengalami peningkatan bisa terjadi karena defisit hormon insulin yang diproduksi oleh kelenjar pankreas yang beranatomi tepat di bawah lambung.

Selain kekurangan hormon insulin penyakit diabetes mellitus juga berpotensi terjadi pada orang yang hobi mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat juga makanan manis [glukosa] dimana nantinya di dalam tubuh karbohidrat diubah menjadi glukosa atau gula darah. Apabila antara intake dan output glukosa tidak seimbang dimana tubuh mendapat banyak asupan glukosa sedangkan penggunaannya sedikit maka terjadilah penumpukan gula dalam darah.

Itulah hubungan makanan manis dengan terjadinya diabetes melitus. Tetapi tidak selalu orang yang hobi makan makanan manis juga mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat terkena penyakit diabetes atau kencing manis asalkan diimbangi dengan aktivitas fisik seperti rutin berolahraga. Karena ketika kita berolahraga tubuh mengalami peningkatan metabolisme itu berarti peningkatan penggunaan kalori yang bersumber dari glukosa juga zat sumber kalori lainnya sehingga mengurangi rIsiko terjadinya penumpukan glukosasa atau gula dalam darah bisa ditekan.

Bagi Anda yang hobi mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat juga makanan manis sebaiknya diimbangi dengan banyak minum air putih juga rutin berolahraga untuk menghindari potensi penyakit diabetes melitus karena hubungan makanan manis dengan terjadinya diabetes cukup erat. Penyebab Penderita Diabetes Bisa Lemas dan Pingsan Mendadak

Hubungan Makanan Manis Dengan Terjadinya Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra