Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 14 Juni 2013

Tips Menghindari Kontaminasi Bakteri E. Coli Pada Sayur Lalapan

Tips Menghindari Kontaminasi Bakteri E. Coli Pada Sayur Lalapan - Wabah bakteri Escherichia Coli atau E. Coli biasanya sangat cepat menyebar dalam satu wilayah sehingga mengakitbatkan kesakitan bahkan kematin dengan jumlah yang banyak. Bakteri E. Coli dapat menyebar melalui air minum juga bahan makanan khususnya sayur-sayuran. Ini menjadi masalah yang harus diperhatikan khususnya para pecinta sayur lalapan yang mengkonsumsi sayur secara mentah.

Tips Menghindari Kontaminasi Bakteri E. Coli Pada Sayur Lalapan
Sayur Lalapan, forum.detik.com

Sebenarnya bakteri Escherichia coli akan mati jika air dan sayur dimasak dengan benar jika dimasak setengah matang bakteri ini masih bisa bertahan, namun bagaimana sayur yang dikonsumsi secara mentah seperti lalapan? Ada beberapa tips untuk menghindari kontaminasi bakteri E. Coli pada sayur lalapan.

Sumber Sayur
Pastikan sayur yang akan dikonsumsi berasal dari tempat yang memang sayur tersebut ditanam dengan benar dimana lingkungannya tidak terkontaminasi bakteri E. Coli. Contoh kasus saat terjadi wabah bakteri E. Coli di salah satu negara Eropa negara lain yang biasa mengimpor dari negara tersebut langsung menghentikannya sampai wabah benar-benar habis.

Cuci Sayur
Meskipun sayur yang akan dikonsumsi berasal dari pertanian yang bebas bakteri Escherichia coli namun kontaminasi bisa didapat saat proses pengiriman. Untuk itu cuci bersih sayur lalapan dengan air bersih mengalir untuk mengurangi resiko terkontaminasi bakteri E. Coli.

Kondisi Sayur
Perhatikan kondisi sayar jika sudah tidak dalam kondisi segar sebaiknya jangan dikonsumsi karena resiko tumbuhnya bakteri dan jamur makin tinggi.

Proses Penyajian
Kebersihakan dalam menyajikan makanan sangat penting, tangan dan semua peralatan harus hygienes jangan sampai Anda lupa mencuci tangan sebelum memasak dan menyiapkan makanan karena tangan bisa menjadi media bagi bakteri E. Coli untuk migrasi ke makanan yang akan dikonsumsi.

Inilah tips menghindari kontaminasi bakteri E. Coli pada sayur lalapan. Baca juga artikel dan informasi kesehatan Manfaat dan Bahaya Bakteri E. Coli.

Tips Menghindari Kontaminasi Bakteri E. Coli Pada Sayur Lalapan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra