Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 06 Juni 2013

Bagaimana Bakteri Bisa Resisten Terhadap Obat Antibiotik

Bagaimana Bakteri Bisa Resisten Terhadap Obat Antibiotik - Kemajuan teknologi di bidang kesehatan terus tumbuh pesat mulai dari ditemukannya vaksin yang telah berhasil memusnaskan beberapa jenis penyakit begitu juga penemuan obat-obatan untuk mencegah maupun menyembuhkan penyakit. Obat juga semakin mudah didapat lihat saja berbagai macam obat dijual bebas di warung mulai obat anti nyeri hingga antibiotik, tanpa disadari ini ternyata menimbulkan sebuah masalah kesehatan.

Bagaimana Bakteri Bisa Resisten Terhadap Obat Antibiotik
Ilustrasi Bakteri

Dulu awal penemuan obat antibiotik ada yang namanya obat penisilin hampir semua penyakit infeksi karena bakteri bisa diobati dengan obat ini namun saat ini penggunaannya sudah diatur ketat. Yang mengalami kemajuan bukan hanya kemampuan Kita dalam dunia obat-obatan ternyata bakteri pun juga mempelajari bagaimana dan apa obat yang bisa membunuhnya sehingga membuat bakteri resisten terhadap antibiotik.

Bagaimana bakteri bisa resisten terhadap antibiotik? Bakteri yang merupakan makhluk hidup memiliki semacam zat yang mampu memproduksi enzim, enzim tersebut akan merekam bagaimana obat antibiotik jenis tertentu bisa merusak bagian dari bakteri tersebut jika dosis obat tidak cukup untuk membunuhnya maka bakteri tersebut akan melakukan modifikasi sehingga jika suatu saat diserang dengan antibiotik yang sama mereka menjadi kebal atau resisten.

Inilah bahaya mengkonsumsi obat antibiotik tanpa tahu dengan jelas sakit yang diderita dan seberapa dosis yang dibutuhkan. Bakteri yang resisten terhadap antibiotik sangat sulit untuk dibunuh, ini yang membuat para ahli terus berupaya menciptakan obat untuk melawan bakteri yang resisten terhadap obat tertentu.

Meskipun obat antibiotik bisa didapat dengan mudah bukan berarti Kita bisa menjadi ahli pengengobatan untuk diri sendiri juga orang lain tanpa mengerti penyakit, jenis obat dan dosis yang tepat karena dampak negatifnya bukan hanya penyakit tidak kunjung sembuh tapi juga membuat bakteri resisten terhadap antibiotik - Bagaimana Bakteri Bisa Resisten Terhadap Obat Antibiotik.

Baca juga artikel dan informasi kesehatan Manfaat dan Bahaya Bakteri E. Coli.

Bagaimana Bakteri Bisa Resisten Terhadap Obat Antibiotik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra