Friday, March 22, 2013

Bagaimana Hipertensi Bisa Menyebabkan Terjadinya Stroke

Home » » Bagaimana Hipertensi Bisa Menyebabkan Terjadinya Stroke

Bagaimana Hipertensi Bisa Menyebabkan Terjadinya Stroke Reviewed by Adiana Putra on Friday, March 22, 2013 Rating: 4.5

Bagaimana Hipertensi Bisa Menyebabkan Terjadinya Stroke – Hipertensi adalah gangguan tekanan darah atau daya pompa jantung yang berlebihan, pada orang dewasa normal tekanan darah sekitar 120/70 mmHg namun pada penderita hipertensi bisa menjadi lebih tinggi. Saat ini penyakit hipertensi cukup populer, menurut badan kesehatan dunia WHO dikatakan hipertensi bila tekanan darah di atas 140/90 mmHg jika berada di antara 130/85 – 140/90 mmHg itu disebut tekanan darah normal tinggi.

Bagaimana Hipertensi Bisa Menyebabkan Terjadinya Stroke
Gambar: Ilustrasi Cek Tensi, Sumber: Kompas

Sedangkan stroke adalah penyakit atau kerusakan [pembuluh darah] saraf pusat yang mengakibatkan terjadinya gangguan pada sistem saraf motorik dan sensorik bahkan gangguan kesadaran. Dulu stroke cenderung terjadi pada usia lanjut tapi sekarang hampir semua usia berisiko terserang penyakit stroke,. Stroke bisa terjadi pada otak bagian kanan maupun kiri.

Lalu bagaimana hipertensi bisa menyebabkan terjadinya stroke? Hipertensi yang merupakan gangguan dimana tekanan darah atau tekanan pompa jantung yang tinggi akan mendorong darah lebih kuat, sedangkan otak merupan organ yang mendapat suplai darah terbesar dibanding organ lainnya melalui banyak pembuluh darah akan mendapat efek negatif dari tingginya tekanan ini.

Pembuluh dara di otak banyak yang tergolong pembuluh darah mikro berukuran kecil, walaupun kecil tapi pembuluh darah otak sebenarnya masih bisa mengkompensasi jika terjadi peningkatan tekanan darah tetapi jika ini terjadi terlalu lama pembuluh darah akan pecah.

Jika pembuluh darah otak sudah pecah itu akan mengganggu suplai oksigen dan nutrisi pada otak, sel otak akan mengalami penurunan fungsi kekurangan energi sehingga bisa mengakibatkan kematian sel saraf otak. Selain itu, darah yang keluar dari pembuluh darah bisa menekan jaringan di sekitarnya dan merusaknya.

Stroke yang terjadi karena hipertensi biasa disebut stroke hemoragik. Ada dua jenis stroke, untuk mengetahuinya silahkan baca postingan "Stroke Hemoragik dan Stroke Embolik" - Bagaimana Hipertensi Bisa Menyebabkan Terjadinya Stroke.



Suka eMingko Blog?