Monday, March 5, 2012

Bahaya Sisi Negatif Makan Buah Pisang

Home » » Bahaya Sisi Negatif Makan Buah Pisang

Bahaya Sisi Negatif Makan Buah Pisang Reviewed by Adiana Putra on Monday, March 5, 2012 Rating: 4.5

Bahaya Sisi Negatif Makan Buah Pisang - Di daerah tropis pisang merupakan tanaman yang tidak sulit untuk ditemukan, terdapat puluhan jenis pisang secara umum bentuk dari pohon pisang berdaun lebar tidak bercabang dan mengandung banyak air. Sedangkan buah pisang berbentuk memanjang seperti jari-jari, pohon pisang hanya sekali berbuah lalu mati. Bagi kesehatan buah pisang memiliki banyak manfaat baik dikonsumsi secara langsung maupun yang sudah dalam bentuk olahan siap saji.

Bahaya Sisi Negatif Makan Buah PisangBuah pisang mengandung banyak ion kalium dan juga bisa menghasilkan energi seperti halnya nasi dan daging hanya saja kalori yang dihasilkan tidak sebesar saat kita makan nasi. Makan buah pisang juga baik untuk kesehatan pencernaan sebagai pencegah sulit BAB [Buang Air Besar]. Namun, dari segudang manfaat dari buah pisang ternyata ada sisi negatif yang dimilikinya. Selain banyak mengandung ion kalium, sumber kalori, dan serat, buah pisang juga mengandung tiramin.

Tiramin adalah zat yang memiliki efek vasoknstriksi vaskuler atau penyempitan pembuluh darah yang secara langsung dapat menyebabkan aliran darah semakin kecil. Oleh karena itu bagi penderita penyakit migren, stroke, dan juga penderita sakit jantung sebaiknya menghindari makan pisang secara berlebihan juga produk olahan lainnya yang berbahan dasar pisang. Khusus untuk penderita penyakit jantung sebenarnya membutuhkan kalium yang ada di dalam pisang namun sebaiknya konsumsi saja buah lainnya yang mengandung kalium seperti air kelapa.

Penyakit migren dan stroke adalah gangguan sirkulasi darah di otak sehingga suplai oksigen dan nutrisi terganggu begitu juga dengan sistem pembuangan sisa metabolisme juga terganggu. Sedangkan penyakit jantung adalah gagguan sistem kerja jantung khusus untuk jantung koroner dan infark miokard adalah gangguan suplai oksigen dan nutrisi ke jantung.

Ini perlu mendapat perhatian karena sebagian besar penderita migren, stroke, juga penyakit jantung rutin minum obat dan sebagian dari mereka meliliki kebiasaan minum obat dengan pisang. Sebaiknya ganti saja dengan bubur untuk membantu menelan obat, walaupun merubah kebiasaan dari makan pisang ke bubur terasa sulit tapi inilah solusi paling mudah untuk menghindari efek dari tiramin yang terkandung dalam buah pisang - Bahaya Sisi Negatif Makan Buah Pisang.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Makan Pisang Sebelum & Setelah Olahraga.

Suka eMingko Blog?