Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 22 Januari 2012

Seberapa Lama Google Me-Refresh Cache

Google Crawl
Seberapa Lama Google Me-Refresh Cache

Seberapa Lama Google Me-Refres Cache - Sistem kerja Google juga search engine lainnya adalah crawl / merayapi halaman dan mengambil jepretan semua konten dari sebuah situs kemudian menyimpannya dalam database atau disebut web cache dalam bahasa Indonesia artinya "tembolok", hasil rayapan yang telah disimpan inilah yang nantinya akan ditampilkan pada search result jika kita melakukan searching di Google dengan keyword yang relevan dengan halaman tersebut.

Sebagai seorang blogger kita kadang melakukan perubahan pada blog baik dari tampilan maupun title, description, juga keyword yang berhubungan dengan SEO namun dampaknya tidak akan langsung terasa sebelum Google melakukan refresh cache untuk menyimpan perubahan yang kita lakukan.

Masalah ini yang sering membuat Blogger bertanya-tanya "Saya sudah banyak melakukan perubahan dari segi SEO tapi mengapa belum berdampak di search engine?". Tentu saja ini karena Google belum melakukan refresh cache sehingga yang muncul di search result adalah cache yang lama, lalu pertanyaannya seberapa lama Google melakukan refresh cache? Siapa yang tahu angkat tangan tersenyum lebar. Google bekerja secara otomatis dengan sistem kerja yang bisa dibilang rumit sehingga tidak dapat ditebak kapan dia melakukan refresh cache pada halaman sebuah blog / situs karena banyak sekali aspek yang mempengaruhi refresh cache ini.

Salah satu faktor yang berpengaruh adalah seberapa banyak manfaat dan pentingnya blog / situs kita, situs-situs besar seperti Wikipedia akan lebih sering mendapat refresh cache dibandingkan dengan situs atau blog spam. Saya pernah menemukan sebuah blog yang tidak mendapat refresh cache dari Google selama 2 bulan dan pemiliknya mempertanyakannya di bantuan Google Webmaster Tool. Refresh cache pada halaman sebuah situs tidak dilakukan secara bersamaan, misalkan pada blog kita terdapat 500 halaman tidak semua halaman akan dilakukan refresh cache, setiap halaman berbeda dalam waktu.

Untuk mengetahui kapan terakhir kali blog kita mendapat refresh cache lalukan pencarian di Google dengan keyword nama blog kita kemudian sortir ke kanan pada panah di hasil pencarian untuk melihat detail lalu klik cache / tembolok [lihat di sini]. Akan muncul pesan di bagian atas blog kita seperti ini:

Ini adalah tembolok Google' untuk http://www.blog-kita.com/. Gambar ini adalah jepretan laman seperti yang ditampilkan pada tanggal 21 Jan 2012 04:32:29 GMT. Sementara itu, halaman tersebut mungkin telah berubah.

Di sana tertera tanggal dan bulan juga tahun, itulah waktu terakhir blog kita mendapat refresh cache dari Google dan ini hanya untuk satu halaman mungkin tidak sama di setiap halaman. Lalu bagaimana cara mengatasi jika Google sangat jarang melakukan refresh cache pada blog kita? Jalan yang paling mudah adalah rutin update postingan, dengan ini postingan terbaru akan ter-cache dengan semua perubahan yang kita lakukan baik pada tampilan maupun SEO - Seberapa Lama Google Me-Refres Cache.
Baca juga artikel dan informasi Jangan Salah Kaprah Dengan Google PageRank Blog.

Seberapa Lama Google Me-Refresh Cache Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra