Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 26 September 2011

Mengapa Bisa Ngantuk Setelah Makan

Mengapa Bisa Ngantuk Setelah Makan - Hal seperti ini biasa terjadi, ngantuk setelah makan. Setiap orang pasti pernah mengalaminya khususnya ngantuk setelah makan malam. Namun hal ini jarang terjadi ketika sarapan, dan sering juga ketika setelah makan siang. Secara fisiologis ngantuk setelah makan merupan hal yang normal. Tapi sering membuat kita bertanya-tanya, mengapa bisa ngantuk setelah makan mengantuk? Mari kita cari tahu!

Gambar
mengantuk, makan, ngantuk, tidur

Secara fisiologis tubuh kita sudah memiliki sistem pengaturan keseimbangan secara otomatis. Salah satunya adalah pendistribusian darah "oksigen" oleh jantung ke semua jaringan tubuh. Seperti otak misalnnya, otak menerima 40-45 ml darah per 100 gr. Jumlah ini tergolong banyak karena otak merupakan jaringan sentral yang mengatur semua aktivitas tubuh. Nah... Ketika kita merasa lapar lalu makan, itu berarti memberi kerja tambahan pada organ pencernaan beri semangat. Karena beban kerja meningkat maka dia juga membutuhkan lebih banyak darah [oksigen + energi], untuk itu jantung "mengkompensasi" dengan membatasi darah ke otot ekstremitas termasuk otak [dalam batas minimum] untuk disalurkan ke saluran pencernaan.

Penurunan suplai darah "oksigen" ke otak inilah yang membuat kita mengantuk setelah makan. Otak merespon penurunan kadar oksigen dengan rasa ngantuk dan lelah, membuat kita tidur tidur agar suplai oksigen terfokus pada otak dan saluran cerna, sedangkan otot yang lain sedang rileks [tidak memutuhkan banyak energi]. Rasa ngantuk setelah makan merupan respon otomatis dari tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat - Mengapa Bisa Ngantuk Setelah Makan.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Banyak Minum Setelah Makan Tidak Baik.

Mengapa Bisa Ngantuk Setelah Makan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra