Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Selasa, 05 Desember 2017

Bank Mandiri Belum Punya e-Form Untuk Buka Rekening Tabungan Online

Bank Mandiri Belum Punya e-Form Untuk Buka Rekening Tabungan Online
Bank Mandiri

Fungsi utama sebuah bank adalah sebagai tempat simpan pinjam uang, masyarakat sebagai nasabah bisa memanfaatkannya untuk menabung maupun mendapatkan kredit tentu saja setelah memenuhi syarat maupun kebijakan dari masing-masing bank.

Karena semakin kompleksnya kebutuhan masyarakat perusahaan perbankan pun lambat laun harus meningkatkan kualitas pelayanan juga produk tidak hanya sebagai tempat simpan pinjam namun juga menjadi media transaksi sebut saja yang paling sederhana transfer saldo hingga fitur lainnya yaitu pembayaran dan pembelian.

Bahkan tidak sedikit masyarakat termasuk saya sendiri ketika buka rekening tabungan tujuan utamanya bukanlah sebagai sarana melakukan simpanan dalam bentuk tabungan maupun mendapatkan kredit tetapi lebih tertarik dengan fitur transaksi yang ada di dalamnya. Bahkan saat ini banyak perusahaan perbankan sudah memberikan penawaran menarik dimulai dari ketika calon nasabah buka rekening tabungan tanpa perlu berlama-lama di kantor cabang karena sudah tersedia registrasi buka rekening tabungan melalui sistem online.

Namun sayang sekali ketika saya coba buka rekening tabungan di Bank Mandiri ternyata fitur ini belum tersedia. Untuk meyakinkan saya pun sempat menghubungi customer service bank Mandiri melalui jejaring sosial Twitter kemudian mendapatkan respon mengkonfirmasi bahwa hal tersebut benar.

Terlihat aneh dengan status sebagai bank dengan omset terbesar di Indonesia Bank Mandiri belum juga memiliki formulir online atau e-Form untuk buka rekening tabungan baru. Memang saat ini formulir online yang dimiliki oleh bank lainnya hanya sebatas registrasi memasukkan data di website namun selanjutnya tetap harus datang ke kantor cabang Bank bersangkutan untuk verifikasi dan pengesahan tanda tangan serta melakukan setoran awal sesuai dengan jenis rekening tabungan. Namun demikian hadirnya fitur formulir online untuk buka rekening tabungan baru sangat membantu.

Meski demikian saya tetap memutuskan buka rekening tabungan baru di Bank Mandiri tentu saja mau tidak mau harus mengisi formulir di kantor cabang. Masalah yang kadang muncul ketika formulir telah diisi sebagian ternyata ada data yang salah tentu kita harus ulang dari awal dengan mengisi formulir baru. Seperti yang kita tahu proses ini butuh waktu cukup lama.


Dari pengalaman pribadi buka rekening tabungan baru melalui registrasi online tidak selalu selancar yang kita bayangkan pernah sekali di salah satu bank swasta saya buka rekening tabungan via online dan berhasil mendapatkan nomor referensi yang kemudian dibawa ke kantor cabang Bank untuk diproses selanjutnya ketika saya tunjukkan ke bagian customer service nampak petugas kebingungan bagaimana cara memproses calon nasabah yang melakukan pendaftaran secara online. Untung salah satu dari mereka paham dengan sistem ini akhirnya rekening tabungan berhasil dibuat.

Back to topic, sebenarnya Bank Mandiri bukannya tidak punya fitur buka rekening tabungan baru secara online hanya saja itu baru bisa dilakukan oleh nasabah dan itu pun harus terdaftar di Mandiri Internet Banking. Ketika Mandiri Internet Banking diakses didalamnya ada fitur buka rekening tabungan baru jadi nasabah tinggal isi data pada formulir kemudian mendapatkan nomor referensi. Ini baru saya ketahui ketika registrasi dan login di website Mandiri Internet Banking.

Semoga saja ke depannya Bank Mandiri menghadirkan e-Form untuk buka rekening tabungan baru secara online yang bisa diakses secara public.

Bank Mandiri Belum Punya e-Form Untuk Buka Rekening Tabungan Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra