Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 24 Maret 2016

Tips Agar Terhindar Dari Virus Flu Burung

Tips Agar Terhindar Dari Virus Flu Burung - Isu merebaknya wabah penyakit mematikan yaitu virus H5N1 yaitu virus flu burung kembali mencuat bahkan kini telah dinyatakan oleh badan kesehatan dunia WHO. Tentu saja ini patut diwaspadai karena memang penularan penyakit ini sangatlah cepat dan jika bisa dibilang relatif mudah.

Sesuai dengan namanya ya itu virus flu burung Penyakit ini menyerang sistem pernapasan namun tidak seperti biasanya karena progres dari virus ini sangat cepat mengakibatkan kerusakan saya dan sistem pada tubuh. Infeksi berat dalam beberapa hari bisa langsung mengakibatkan kematian.

Tips Agar Terhindar Dari Virus Flu Burung
Tips Agar Terhindar Dari Virus Flu Burung

Untuk itu pencegahan ini sangat diperlukan. Berikut ini beberapa tips agar terhindar dari infeksi virus flu burung.

Virus flu burung cukup sensitif terhadap kalor pada panas dia akan mati apabila mendapat suhu diatas 70° celcius. Jadi ketika memasak ayam atau unggas sebaiknya dimasak dengan matang pada seluruh bagian tubuh unggas agar kita terhindar dari virus H5N1.

Hindari makanan setengah matang. Virus flu burung bisa terdapat di dalam daging unggas termasuk pada telur baik didalam maupun cangkangnya jadi cara terbaik adalah menghindari konsumsi makanan setengah matang karena potensi masih terkandungnya virus cukup besar yang selanjutnya berpotensi mengakibatkan infeksi di dalam tubuh.

Meskipun menurut beberapa penelitian karena ini adalah virus yang menyerang sistem pernafasan dan pencernaan unggas jadi bagian tubuh itulah yang menjadi akomodasi tumbuhnya virus. Namun kita harus kita kesana dengan jaringan tubuh unggas lainnya karena virus ini juga masuk ke aliran unggas.

Sebelum memasak ayam atau unggas jangan pernah mencampur atau menempatkan satu wadah dengan bahan makanan lainnya seperti sayur atau buah. Ini karena virus flu burung juga banyak terdapat di dalam cairan tubuh unggas termasuk air liur.

Tips Agar Terhindar Dari Virus Flu Burung
Cuci Ayam Sebelum Dimasak

Virus flu burung juga akan bisa bertahan lebih lama pada suhu rendah. Jadi Jangan berpikir dengan mengawetkannya di dalam kulkas yang memiliki suhu dingin bisa membunuh virus karena itu malah bisa membuatnya bisa bertahan lebih lama.

Hindari kontak langsung dengan peliharaan unggas apalagi ketika anda mengetahui beberapa jam atau hari sebelumnya terjadi kematian mendadak pada ayam atau unggas tanpa sebab pasti. Jikapun itu terjadi segera bersihkan kandang dengan cairan disinfektan dan cuci tangan serta mandi.

Konsumsi makanan bergizi tinggi serta tingkatkan konsumsi air untuk menjaga daya tahan tubuh menghindari infeksi virus flu burung.

Apabila ada ada orang terdekat tiba-tiba menunjukkan gejala peningkatan suhu tubuh atau demam dalam beberapa hari, disertai gejala flu dan gangguan pernapasan sebaiknya segera menuju ke tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.

Jadi itulah beberapa tips agar terhindar dari virus flu burung H5N1.

Tips Agar Terhindar Dari Virus Flu Burung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra