Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 27 Maret 2016

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kekebalan Tubuh

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kekebalan Tubuh - Tubuh setiap makhluk hidup seperti sebuah negara yang memiliki pasukan Angkatan Bersenjata khusus yang bertujuan untuk melindungi dari ancaman yang bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan maupun terorteror.

Jika sebuah negara memiliki pasukan tentara maupun polisi maka tubuh manusia juga buku mempunyai pasukan khusus untuk menjaga kekebalan yaitu antibodi. Secara sistematis sistem kekebalan tubuh manusia pekerjaan di bawah pengawasan sistem saraf pusat langsung "menyerang" antigen atau penyebab penyakit.

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kekebalan Tubuh
Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh atau antibodi juga bisa mengalami penurunan beberapa di antaranya diakibatkan oleh kebiasaan kurang baik khususnya dalam hal kesehatan.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh:

Antasida

Sekarang banyak sekali beredar dipasaran baik pasar tradisional maupun supermarket buah dan sayur segar dengan tampilan sangat menarik. Namun begitu tampilan tidak menjamin dia diproses secara sehat khususnya selama proses penanaman.

Untuk bisa tumbuh lebih cepat dan terhindar dari serangan hama sekarang banyak buah dan sayur lebih banyak terpapar antasida. Ketika kita mengkonsumsinya tanpa mencuci buah dan sayur terlebih dahulu secara langsung ini bisa mengganggu keasamaan dari lambung.

Efek buruknya mengakibatkan infeksi pada lambung itu sendiri dan juga potensi tumbuhnya bakteri pada usus. Dan lambat laun akhirnya mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh untuk bisa menangkal serangan antigen.

Obat-obatan

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kekebalan Tubuh
Obat-obatan

Beberapa jenis obat yang dikonsumsi dalam jangka waktu panjang contohnya obat anti nyeri steroid dan nonsteroid secara berkepanjangan bisa mengakibatkan erosi pada lapisan lambung termasuk saluran pencernaan lainnya.

Jika saluran pencernaan mengalami masalah maka dampak paling serius yang bisa ditimbulkan adalah menurunnya daya serap nutrisi yang akan dijadikan energi oleh tubuhtubuh. Situasi ini bisa berdampak tubuh mengalami kekurangan kalori sekaligus kekebalan tubuh menurun.

Antibiotik

Tidak hanya obat anti nyeri tetapi juga penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama tidak bisa mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh apalagi penggunaan tidak sesuai dengan dosis.

Penyalahgunaan antibiotik juga bisa mengakibatkan peningkatan kekebalan pada antigen atau penyebab penyakit itu sendiri dia menjadi dari sistem atau kebal terhadap obat yang seharusnya bisa membunuh bakteri atau kuman.

Alkohol

Bagi pecandu alkohol harap berhati-hati karena metanol bisa mengganggu kinerja dari organ hati atau hepar. Konsumsi alkohol berkepanjangan bahkan bisa merusak organ hepar dalam bahasa medis disebut dengan hepatitis alkoholik.

Nutrisi dan kalori yang diserap oleh usus halus diproses di dalamnya ipar untuk dijadikan energi apabila organ ini mengalami kerusakan tentu akan mengganggu pasokan energi di dalam tubuh dan dampaknya tentu saja penurunan daya tahan tubuh.

Malnutrisi dan cairan

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kekebalan Tubuh
Malas Makan

Seperti yang telah kita ketahui di atas kekurangan asupan gizi dan nutrisi bagi tubuh akan berdampak pada penurunan jumlah kalori untuk metabolisme tubuh. Dan begitu juga dengan Masukkan cairan tubuh harus tetap adekuat untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Nutrisi dan cairan tubuh memegang peranan penting dalam pembentukan antibodi.

Selain karena beberapa faktor di atas ada beberapa kebiasaan yang juga bisa merusak kekebalan tubuh seperti personal hygiene dan lingkungan yang kurang sehat.

Jadi itulah beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kekebalan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra