Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 26 Maret 2016

Bahaya Sering Minum Obat Sembelit

Bahaya Sering Minum Obat Sembelit - Buang air besar atau BAB adalah salah satu kebutuhan paling dasar pada manusia sama pentingnya dengan oksigen dan juga air minum. Jadi aktivitas eliminasi ini sangat penting untuk mendapat perhatian.

Umumnya pada orang normal aktivitas buang air besar berlangsung setidaknya 1 kali dalam sehari. Namun pada beberapa kasus bisa saja buang air besar terjadi dalam rentan waktu lama dan ini merupakan masalah kesehatan sulit BAB biasa disebut dengan sembelit atau konstipasi.

Bahaya Sering Minum Obat Sembelit
Bahaya Sering Minum Obat Sembelit

Ada banyak sekali faktor yang bisa mengakibatkan terjadinya sembelit atau konstipasi namun biasanya masyarakat saat ini hanya memanfaatkan cara praktis untuk mengatasinya yaitu mengkonsumsi atau minum obat sembelit.

Padahal perlu diperhatikan terlalu sering menggunakan obat sembelit baik dalam bentuk sirup maupun suppositoria yang dimasukkan ke dalam anus bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Beberapa tipe obat konstipasi bekerja dengan cara mensekresi lebih banyak air di dalam usus halus bertujuan untuk melembekkan kotoran atau feses sehingga lebih mudah keluar. Tetapi efek negatifnya adalah potensi terjadinya kekurangan cairan di dalam tubuh atau dehidrasi khususnya penggunaan obat sembelit dalam jangka waktu lama.

Tidak hanya itu ketergantungan menggunakan obat konstipasi juga beresiko terjadi penyakit diare dimana intensitas kotoran menjadi lebih banyak air dibandingkan dengan zat padat.

Bahaya sering minum obat sembelit yang paling parah adalah ketergantungan dimana peristaltik usus halus dan usus besar tidak bisa bekerja dengan normal tanpa bantuan obat-obatan.

Disamping menghindari ketergantungan terhadap obat konstipasi Kita juga harus lebih selektif dalam memilih jenis obat yang akan digunakan. Pilihlah obat yang langsung bekerja di usus halus tanpa perlu diserap sebelumnya ini bertujuan untuk menghindari efek buruk terhadap organ lainnya ketika kita menggunakan obat tersebut.

Bahaya Sering Minum Obat Sembelit
Sembelit / Konstipasi

Beberapa faktor yang bisa mengakibatkan terjadinya konstipasi atau sembelit diantaranya:
  • Kurang aktivitas fisik seperti jarang olahraga atau pada pasien yang mengalami badrest total hingga berminggu-minggu.

  • Kekurangan asupan cairan kurang minum air putih, sering buang air besar.

  • Terlalu banyak mengkonsumsi kopi, pola makan kurang sehat yaitu kurang sehat.

  • Penggunaan jangka panjang obat-obatan tertentu seperti ibuprofen, antidepresan, tekanan darah tinggi dan juga obat diuretik.

Jadi sebelum mengambil keputusan mengatasi masalah sembelit atau konstipasi sebaiknya ditangani dengan menghilangkan faktor penyebabnya. Jika terjadi karena kurang konsumsi serat sebaiknya terbanyak makan buah dan sayur.

Barulah ketika konstipasi atau sembelit bersifat harus ditangani segera disinilah baru penggunaan obat-obatan diperlukan.

Jadi itulah bahaya jika terlalu sering minum atau menggunakan obat sembelit atau obat konstipasi.

Bahaya Sering Minum Obat Sembelit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra