Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 15 Oktober 2015

Beda Kartu ATM Dengan Kartu Kredit BRI

Beda Kartu ATM Dengan Kartu Kredit BRI - Untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi perbankan PT Bank Rakyat Indonesia telah menghadirkan berbagai layanan Electric mulai dari mesin ATM SMS banking dan internet banking.

Untuk layanan mesin ATM untuk bisa menggunakannya nasabah wajib memiliki kartu ATM BRI. Kartu tersebut bisa kita dapatkan ketika pertama kali buka rekening tabungan BRI atau membuatnya secara terpisah dengan syarat telah memiliki rekening tabungan BRI.

Beda Kartu ATM Dengan Kartu Kredit BRI
Beda Kartu ATM Dengan Kartu Kredit BRI

Namun dalam penggunaannya ternyata masih banyak yang belum memahami perbedaan kartu ATM dengan kartu kredit BRI.

Kartu ATM BRI adalah kartu debit yang terkoneksi dengan rekening tabungan BRI dan didalamnya memiliki saldo sesuai dengan nominal saldo yang ada di dalam rekening tabungan BRI. Kartu ATM BRI bisa digunakan di mesin ATM BRI dan juga mesin ATM lainnya seperti ATM Bersama. Tetapi jika digunakan di mesin ATM lainnya dikenakan biaya administrasi dan dipotong dari saldo rekening tabungan.

Sedangkan kartu kredit BRI adalah kartu yang terpisah dari rekening tabungan BRI didalamnya tidak memiliki saldo namun ada limit kredit sesuai dengan tipe kartu kredit yang dipegang. Ada 2 tipe kartu kredit secara umum yaitu kartu kredit Visa dan MasterCard. Keuntungan dari kartu kredit adalah bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri.

Itulah perbedaan mendasar adalah kartu ATM dengan kartu kredit BRI. Ada juga perbedaan secara fungsional seperti dibawah ini.

Tarik saldo tunai
Kartu ATM dan kartu kredit BRI sama-sama bisa digunakan untuk transaksi tarik saldo tunai di mesin ATM BRI. Namun bedanya ketika kita menggunakan kartu ATM untuk Tarik saldo tidak dikenakan biaya administrasi, tetapi ketika menggunakan kartu kredit BRI akan dikenakan bunga kredit dan di tagih pada masa jatuh tempo.

Transaksi finansial
Kartu ATM dan kartu kredit BRI sama-sama bisa digunakan untuk transaksi finansial seperti pembayaran maupun pembelian. Salah satu contoh kita akan melakukan pembelian pulsa melalui mesin ATM, untuk pengguna kartu ATM BRI tidak dikenakan biaya admin dan saldo dipotong langsung pada rekening tabungan sesuai dengan nominal pulsa yang dibeli, Sedangkan dengan menggunakan kartu kredit BRI akan masuk ke dalam tagihan Kartu Kredit yang tadinya harus dibayar apabila melewati batas jatuh tempo bahasa akan dikenakan bunga sesuai dengan tipe kartu kredit BRI.

Biaya administrasi
Kartu ATM BRI tidak dikenakan biaya administrasi bulanan Sedangkan untuk kartu kredit BRI berlaku keanggotaan yang bersifat tahunan. Besaran iuran tahunan sesuai dengan jenis kartu kredit BRI yang dipegang, biasa aja sebagian besar batas limit kartu kredit tersebut maka semakin besar iuran tahunan yang harus dibayar.

Jadi itulah beda kartu ATM dengan kartu kredit BRI dengan kata lain kartu ATM BRI terkoneksi dengan rekening tabungan BRI sedangkan kartu kredit tidak berhubungan tetapi bisa disinkronkan untuk pembayaran kredit sehingga nanti saldo di dalam rekening tabungan akan terpotong untuk pembayaran tagihan kartu kredit. [Baca juga: Tips Cara Agar Aplikasi Kartu Kredit Diterima]

Kita bisa memiliki atau menjadi perbedaan kartu kredit BRI tanpa perlu memiliki rekening tabungan BRI asalkan memenuhi syarat dan kebijakan yang ditetapkan pada layanan kartu kredit BRI.

Beda Kartu ATM Dengan Kartu Kredit BRI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra