Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 22 Maret 2015

Yang Patut Dihindari Penderita Diabetes

Yang Patut Dihindari Penderita Diabetes - Penyakit kencing manis yang dalam bahasa medis disebut dengan diabetes melitus merupakan penyakit metabolik bersifat kronik. Kecenderungan penyakit diabetes terjadi karena seseorang memiliki perilaku hidup yang kurang sehat [intake hypercalori]. Meskipun memang faktor penyebab munculnya penyakit diabetes bisa juga disebabkan oleh faktor genetik tetapi gaya hidup jauh lebih dominan.

Yang Patut Dihindari Penderita Diabetes
Yang Patut Dihindari Penderita Diabetes

Secara aturan penderita penyakit diabetes melitus memang harus mengikutinya dan menerapkan pola hidup yang telah disesuaikan untuk mencegah terjadinya penurunan kesehatan secara umum.

Berikut adalah beberapa hal yang patut dihindari penderita diabetes.

Kurangi duduk terlalu lama
Memang penderita penyakit kencing manis lebih sering merasa lelah karena menurunnya pasokan kalori. Namun bukan berarti aktivitas istirahat atau duduk terlalu lama akan membantu memperbaiki kondisi tubuh tetapi malah berpotensi membuat kadar gula dalam darah meningkat.

Apalagi saat duduk berlama-lama sambil mengkonsumsi banyak camilan ini menyebabkan meningkatnya asupan kalori yang akhirnya menumpuk di dalam darah dalam bentuk glukosa atau gula.

Diet terlalu ketat
Karena rasa takut akan tingginya kadar gula di dalam darah seringkali penderita diabetes melakukan diet rendah kalori yang sangat ketat, bahkan beberapa diantara mereka sampai takut makan. Tindakan seperti ini bisa sangat berbahaya karena kadar gula darah turun secara drastis [hipoglikemia].

Jika terjadi hipoglikemia penderita diabetes bisa mengalami rasa pusing, tubuh menjadi dingin, bahkan bisa terjadi penurunan kesadaran.

Kurang istirahat
Beberapa orang yang mengalami penyakit kencing manis beranggapan dengan mengurangi jam istirahat tidur maka bisa membantu menurunkan kadar gula di dalam darah. Perilaku tersebut tidaklah tepat karena menurunkan kondisi tubuh dan kurangnya pemulihan baik otot maupun jaringan saraf.

Berhenti minum obat
Ini adalah masalah serius bagi kebanyakan penderita penyakit diabetes melitus dimana penggunaan obat dihentikan mungkin karena rasa malas aku kurangnya motivasi. Penyakit ini bersifat kronis sehingga membutuhkan pemeriksaan dan pengobatan secara berkala, pasien harus rutin melakukan check up juga penggunaan obat-obatan untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Itulah beberapa hal yang patut dihindari penderita diabetes untuk mempercepat proses penyembuhan.

Yang Patut Dihindari Penderita Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra