Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 14 Januari 2015

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis - Untuk urusan kecepatan akses data internet saat artikel ini ditulis Indonesia berada di urutan 77 secara global. Meskipun secara umum mengalami peningkatan namun rata-rata perprovinsi kecepatan akses data internet masih bisa dibilang lambat. Memang ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses data internet mulai dari keberadaan jaringan, perangkat yang digunakan, atau kuota internet yang telah digunakan.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis
Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Banyak Netter mengeluhkankan penurunan kecepatan akses data internet setelah kehabisan kuota. Ada beberapa faktor penyebab internet cepat habis diantaranya:

Media streaming
Sejak merambahnya popularitas akses internet semakin banyak masyarakat mengakses layanan streaming baik musik maupun video. Streaming berarti kita menikmati layanan tersebut secara realtime melalui proses download. Kecenderungan file musik juga video memiliki ukuran cukup besar dan tentu saja membutuhkan kuota internet yang besar pula.

Game online
Memainkan game secara online memang lebih mengasikan, setiap gamer bisa beradu ketangkasan dengan sesama gamer lainnya tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Karena hampir semua game memiliki ukuran data relatif besar maka ketika game tersebut bertipe game online tentu membutuhkan kuota internet yang besar pula. Apalagi jika tersedia update terbaru baik dari fitur maupun versi game online yang dimainkan.

Video call
Seperti halnya dengan musik dan video streaming layanan video call sudah banyak bertebaran dalam bentuk aplikasi juga semakin populer di masyarakat. Video call lebih menarik dibandingkan dengan berkirim pesan biasa atau chatting karena kita bisa berinteraksi dengan seseorang disertai suara juga video realtime. Terkadang tak disadari dengan menggunakan layanan video call kita sesungguhnya menghabiskan banyak sekali kuota internet karena di sana terjadi transfer data yang cukup besar mulai dari voice hingga live video.

Upload dan download video
Seperti yang kita ketahui sebelumnya sebuah file video bisa memiliki ukuran 10 kali lipat lebih besar daripada file musik atau mp3. Tentu saja aktivitas upload download video menjadi salah satu penyebab kuota internet cepat habis.

Mungkin selama ini hanya aktivitas download video saja yang dipandang sebagai aktivitas rakus kuota internet padahal upload video juga membutuhkan banyak kuota internet.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan kuota internet cepat habis. Memang saat ini sudah banyak operator yang menyediakan akses data internet menghadirkan paket data unlimited tetapi beberapa dari mereka masih menerapkan sistem kuota fair used, sehingga sebagai user kita harus lebih hemat saat menggunakan kuota akses data internet.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra