Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 14 Mei 2014

Ancaman Bakteri Salmonela Pada Telur Mentah

Ancaman Bakteri Salmonela Pada Telur Mentah - Telur merupakan salah satu bahan baku makanan dengan kandungan gizi yang cukup tinggi namun harganya tergolong murah juga mudah di dapat. Khusus di Indonesia telur termasuk menu "alternatif" sebagai pengganti daging, cara memasaknya pun tidak rumit bisa direbus atau digoreng.

Ancaman Bakteri Salmonela Pada Telur Mentah
Ancaman Bakteri Salmonela Pada Telur Mentah

Kandungan nutrisi dalam telur berupa omega 3 yang baik untuk perkembangan otak selain itu protein juga terdapat di dalamnya. Kandungan protein pada telur bisa dibilang tinggi yaitu ssekitar 12.5 gram per 100 gram telur. Jika dihitung ini bisa menghasilkan 50 kilo kalori, protein yang terdapat dalam telur juga membantu memperbaiki kerusakan sel.

Selain memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi ternyata telur juga memiliki ancaman yaitu berpotensi mengandung bakteri salmonela. Bakteri salmonela sendiri adalah bakteri penyebab penyakit tifoid dengan gejala panas tinggi, dehidrasi, diare, dan penurunan nafsu makan.

Memang tidak semua telur mengandung bakteri salmonela tetapi ancaman tersebut bisa terjadi bagi Anda yang gemar mengkonsumsi telur mentah. Telur mentah yang langsung dikomsumsi tanpa melalui proses pengolahan yang tepat akan menjadi media bagi bakteri salmonela masuk ke dalam tubuh, ini juga berlaku untuk telur setengah matang.

Ancaman bakteri salmonela pada telur mentah bisa dihindari dengan cara selektif dalam membeli telur, pilih telur yang kulitnya masih utuh dan bersih selanjutnya masak telur dengan benar hingga matang.

Ancaman Bakteri Salmonela Pada Telur Mentah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra