Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 05 April 2014

Tips Menentukan Kapan Waktu Tepat Minum Kopi

Tips Menentukan Kapan Waktu Tepat Minum Kopi - Di Indonesia kopi adalah salah satu jenis minuman yang cukup digandrungi mulai usia remaja hingga lanjut usia. Tidak dapat dipungkiri bahwa kopi merupakan jenis minuman yang memiliki cita rasa tersendiri dan jenisnya pun cukup beragam. Sejauh ini minum kopi identik dengan minuman anti ngantuk cenderung diminum saat malam hari.

Tips Menentukan Kapan Waktu Tepat Minum Kopi
Tips Menentukan Kapan Waktu Tepat Minum Kopi

Meskipun begitu sebagian besar pecandu kopi sudah melakukan "ritual" minum kopi sesaat setelah bangun tidur. Sebenarnya itu adalah waktu yang kurang tepat, untuk itu kita perlu tahu tips menentukan kapan waktu tepat minum kopi.

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa saat baru bangun tidur sebenarnya otak kita masih dipenuhi oleh zat kortisol, kortosol berfungsi membuat kita terjaga. Jadi saat baru bangun tidur bukanlah waktu yang tepat untuk minum kopi karena kita masih dalam situasi terjaga.

Lalu kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk minum kopi? Sebaiknya tunggu hingga kadar kotisol dalam otak mulai turun sekitar pukul 09:30 - 11:30 di waktu tersebut rasa ngantuk sudah mulai muncul, minum kopi akan membantu kita kembali terjaga. Kortisol akan kembali turun sekitar pukul 14:00 - 15:00 ini juga waktu yang baik untuk minum kopi.

Jika kita minum kopi pukul 15:00 maka kortisol akan terjaga di atas batas normal hingga pukul 18:00 dan berangsur menurun sampai pukul 21:00 atau jam 9 malam dan ini adalah waktu untuk tidur. Jadi ini tidak akan mengganggu jadwal istirahat kita, jika minum kopi terlalu sore/malam itu bisa berdampak pada insomnia.

Perlu diperhatikan juga bahwa kopi bisa menyebabkan ketagihan sehingga perlu dibatasi takarannya - Tips Menentukan Kapan Waktu Tepat Minum Kopi.
Cara Mengatasi Lutut Bengkak Karena Cedera

Tips Menentukan Kapan Waktu Tepat Minum Kopi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra