Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 12 Februari 2012

Pengaruh Meta Description Terhadap SERP

Pengaruh Meta Description Terhadap SERP - SERP atau Search Engine Result Position sangat menentukan jumlah visitor sebuah situs, semakin bagus SERP maka secara langsung akan meningkatkan jumlah pengunjung dari search engine sesuai dengan keyword yang ditarget. Untuk menentukan SERP halaman dari sebuah situs ada lebih dari 200 point yang dijadikan patokan baik dari SEO onpage maupun offpage, kali ini kita bahas point SEO onpage yaitu meta description. Seberapa besar pengaruh meta description terhadap SERP.

Dalam postingan kali ini Saya tidak bermaksud menggurui, mari kita ulas bersama. Untuk membuat sebuah halaman menjadi lebih SEO secara onpage kadang kita membuat meta description sesuai dengan judul postingan dengan harapan ketika search engine merayapi situs kita mereka mendapati isi halaman sesuai dengan judul. Saya sudah coba melihat dengan blogwalking dan mendapati sebagian besar teman-teman blogger menggunakan meta description yang sudah disesuaikan dengan judul postingan, tidak ketinggalan Saya pun menerapkan hal yang sama.

Pengaruh Meta Description Terhadap SERP
Klik gambar untuk perbesar

Saya sudah lama memperhatikan hal ini, ternyata berdampak pada tingginya duplicate meta description di webmatertool artinya search engine akan menilai konten kita tidak unik, umumnya akan terjadi duplicate antara tampilan situs di versi web dengan versi mobile. Beberapa waktu yang lalu Saya sempat browsing dan menemukan sebuah situs SEO milik orang luar yang mengatakan bahwa sah-sah saja jika Kita tidak atau menggunakan meta description karena search engine tetap akan memberi description sesuai keyword.

Jika kita menggunakan meta description yang disesuaikan dengan judul halaman maka search engine akan menjadikannya sebagai descriptin di search result dan menambahkan beberapa parse dari isi halaman sesuai dengan keyword. Jika kita tidak menggunakan meta description maka search engine akan menjadikan awal dari sebuah kalimat di dalam postingan untuk dijadikan description sesuai keyword. Masalahnya sekarang search engine menyukai sesuatu yang unik jadi pada kasus ini sudah tentu tanpa meta description lebih baik.

Lalu mengapa Saya masih menggunakan meta description yang disesuaikan dengan judul halaman? Sejauh ini Saya mendapatkan hasil positif dari peningkatan jumlah pengunjung dengan cara ini asalkan isi halaman yang sesuai dengan topik, selain itu blog ini memiliki PageRank yang rendah jadi cukup sulit bersaing jika tanpa "bumbu penyedap". Lalu bagaimana dengan situs yang menyatakan tanpa meta description tidak masalah? Dia benar-benar tidak menggunakan meta description dan hasilnya juga memuaskan.

Sekarang pilihan ada ditangan Anda menggunakan meta description atau tidak, jika ingin melihat referensi yang Saya baca ini situsnya HighRankings.
Pengaruh Meta Description Terhadap SERP - Baca juga artikel dan informasi Seberapa Lama Google Me-Refresh Cache.

Pengaruh Meta Description Terhadap SERP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra