Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 13 Januari 2012

Lakukan Cek Gula Darah Secara Rutin

Lakukan Cek Gula Darah Secara Rutin - Berbicara masalah gula darah pasti lebih mengarah ke penyakit diabetes mellitus atau kencing manis. Diabetes disebut juga penyakit pembunuh berdarah dingin karena dia bisa membunuh secara perlahan cemas. Jika dulu kejadian kencing manis atau diabetes mellitus cenderung menyerang di usia 40 tahun ke atas dengan berat badan berlebihan tapi kini tidak lagi. Hampir disemua usia berpotensi menderita diabetes mellitus tanpa pandang jenis kelamin, untuk itu kewaspadaan terhadap diabetes mellitus perlu ditingkatkan.

Perilaku hidup sehat merupakan ujung tombak dalam memerangi penyakit diabetes mellitus. Tetapi dengan keadaan sosial ekonomi masyarakat saat ini untuk bisa menerapkan perilaku hidup sehat memang sulit karena banyaknya tuntutan yang harus dipenuhi, walaupun demikian setidaknya kita harus belajar membiasakan diri untuk hidup lebih sehat demi menjaga tubuh tetap sehat. Gaya hidup kurang sehat memang menjadi faktor resiko terjadinya diabetes mellitus, selain itu keterlambatan penanganan menjadi faktor tingginya kematian pada diabetes. Untuk itu lakukan cek gula dara secara rutin untuk mengetahui jumlah kadar gula kita.

Cek gula darah
cek-gula-darah

Perilaku hidup sehat sebagai tindakan pencegahan dan cek gula darah untuk memastikan terjadinya diabetes mellitus. Sulit memang jika sudah berhadapan dengan jarum suntik, banyak orang kadang menghindari jarum suntik dan mengabaikan kondisi kesehatan bukan saya, jika diistilahkan dalam perang "menghindari ranjau eh.. malah kena bom nuklir". Cek gula darah bisa dilakukan 4-5 bulan sekali untuk memastikan kadar gula darah.

Anda benar-benar takut dengan jarum suntik? Masih ada cara lain untuk cek kadar gula tanpa rasa sakit yaitu melalui air kencing. Cek kadar gula darah melalui air kencing / urine bisa menjadi alternatif, dengan cara ini kita bisa lebih rutin dalam melakukan cek kadar gula. Namun cek kaadar gula melalui pengambilan sample darah tentu jauh lebih baik karena yang ingin kita ketahui adalah kadar gula darah yang lebih menggambarkan jumlah gula yang beredar dalam darah / tubuh.

Kadar gula dalam darah berkisar antara 70-110 mg/dl untuk keadaan puasa, sedangkan dalam kondisi 2 jam PP [Post prandial] atau stelah makan sekitar 100-140 mg/dl - Lakukan Cek Gula Darah Secara Rutin.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Diabetes Mellitus Tipe 1 "Kencing Manis".

Lakukan Cek Gula Darah Secara Rutin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra