Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 23 Desember 2011

Manfaatkan Sumber Daya Air Secara Optimal

Manfaatkan Sumber Daya Air Secara Optimal - Sering kita dengar imbauan "Minumlah air putih 8 gelas sehari agar tubuh tetap sehat." minum airnya sih gampang tinggal glek..glek..glek... yang jadi masalah saat ini adalah sulitnya mencari air bersih. Keberadaan air bersih yang bisa digunakan untuk menopang kehidupan semakin berkurang, bukan hanya di musim kering saja saat musing hujan pun air bersih begitu langka. Apa yang membuat ini bisa terjadi? Tentu saja ini dampak dari kurangnya kesadaran kita untuk memelihara, menjaga, dan memanfaatkan sumber daya air selama ini.

Untuk mengatasi masalah ini kita harus lebih peduli dengan keberadaan dan keberlangsungan sumber daya air sejak dini. Perlu kita ketahui sumber daya air cukup banyak bukan hanya air pegunungan saja, sumber daya air mencakup: air tanah, air permukaan, air laut, dan air hujan. Dari sekian banyak sumber daya air yang ada megisyaratkan bahwa tugas kita dalam memelihara, menjaga, dan memanfaatkannya juga pasti banyak.

Yang paling menonjol saat ini adalah pencemaran baik air tanah, air permukaan, maupun air laut. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya konservasi sumber daya air sangat rendah dengan membuang sampah di sungai, limbah industri tidak dikelola dengan baik, hingga pencemaran air laut akibat tumpahan minyak dan limbah yang langsung menuju ke laut. Sangat memprihatikan, sudah saatnya kita berhenti "meracuni" sumber daya yang berharga ini.

Sebelumnya Saya sudah membahas tentang "Jaga Sumber Daya Air Untuk Hidup Lebih Baik" dan sekarang kita bahas bagaimana seharusnya sumber daya air dimanfaatkan, mulai dari air tanah, air permukaan, air laut, dan air hujan.

Air tanah
Gambar
air_sumur

Air tanah merupakan sumber air yang paling potensial untuk dijadikan air minum, cara paling sederhana dalam memanfaatkan air tanah adalah sumur. Sumur yang yang bagus berjarak minimal 10 meter dari septic tank WC agar air tanah tidak tercemar bakteri. Kita bisa memanfaatkan air tanah dari sumur untuk berbagai keperluan seperti minum, mandi, dan memasak. Kurangi menggunakan air tanah untuk menyiram tanaman secara langsung, gunakan air sisa mencuci piring atau air cucian lainnya, ini merupakan tindakan penghematan penggunaan air tanah.

Air permukaan
Yang dimasuksud air permukaan adalah air yang berada di atas permukaan tanah seperti air sungai dan air danau. Seharusnya kita memanfaatkan air permukan semaksimal mungkin seperti halnya air sungai, jangan sampai air sungai lewat begitu saja dari gunung ke laut, manfaatkan untuk irigasi pertanian, pengembang biakan ikan, bahkan pembangkit listrik. Dengan begini air sungai akan terasa lebih bermanfaat dan meningkatkan kesadaran untuk tidak membuang sampah di sungai.

Gambar
PLTA_air_sungai
Potensi air sungai menjadi pembangkit listrik tenaga air (PLTA)

Air laut
Gambar
air_laut
Air laut memiliki jumlah paling besar diantara sumber daya air lainnya, namun untuk menopang kehidupan kita sebagai mausia lebih membutuhkan air tawar, walaupun demikian air laut bisa dimafaatkan sebagai alternatif mengatasi masalah kekurangan air minum dan air bersih. Yang sedang dikembangkan saat ini adalah pengolahan air laut menjadi air minum melalui proses desalinasi. Proses ini membutuhkan biaya yang cukup besar karena tidak sembarang air laut bisa dimurnikan, yang paling berpotensi adalah air laut dalam (ADL) karena minimal dalam pencemaran dan kondisi fisik air yang lebih baik. peranan pemerintah sangat diharapkan dalam hal ini dalam penyediaan alat dan dana. Air laut juga bisa dimanfaatkan untuk produksi garam dan menjadi lahan pertanian rumput laut.

Air hujan
Jenis sumber mata air yang satu ini bersifat musiman. Yang menjadi dilema adalah disaat musim hujan sering sekali terjadi krisis air bersih. Ketika Tuhan memberkahi kita banyak air melalui hujan seharusnya menjadikan kita "kaya" akan air bersih tetapi malah sebaliknya, terlihat jelas betapa "bodoh"nya kita dalam hal ini. Kekurangan air bersih terjadi karena keteledoran kita tidak menjaga lingkungan sehingga saat musim hujan selalu banjir dan persediaan air bersih menipis. Kita bisa mengatasi masalah ini dan memanfaatkan sumber air hujan dengan membuat penampungan air hujan, jika setiap rumah memiliki penampung bervolume 3000 liter dipastikan dapat mengurangi banjir dan mengatasi krisis air bersih saat musim hujan bahkan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu tampungan air hujan nantinya bisa digunakan sebagai irigasi pertanian atau menyiram tanaman sehingga mengurangi penggunaan air tanah.

Gambar
air_laut

Dengan mengoptimalkan sumber daya air maka kita akan merasakan manfaat yang luar biasa. Terus tingkatkan kesadaran pentingnya konservasi sumber daya air, air merupakan sumber kehidupan jika mata air sudah habis maka air mata yang akan keluar.

Manfaatkan Sumber Daya Air Secara Optimal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra