Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 10 November 2011

Menghindari Depresi Pada Penyakit Kronis

Depresi
depresi, penyakit_kronis

Menghindari Depresi Pada Penyakit Kronis - Penyakit kronis adalah penyakit yang berlangsung dalam jangka waktu yag cukup lama. Stroke, diabetes mellitus, kanker, adalah beberapa jenis penyakit yang masuk ke dalam penyakit kronis cemas. Karena terjadi dalam rentan waktu yang cukup lama sangat beresiko membuat si penderita penyakit kronis mengalami depresi. Depresi adalah kondisi dimana terjadi gangguan psikologis yang mengakibatkan penurunan suasana hati, perasaan dan hilangnya minat terhadap kehidupan. Ini akan menimbulkan masalah baru, karena secara psikologis depresi bisa mempengaruhi proses penyembuhan.

Dalam kondisi sakit tentu saja setiap orang pasti menginginkan bisa cepat sembuh. Tanpa mengetahui jenis penyakit yang diderita, sebagian orang beranggapan hanya dengan minum obat maka penyakit yang diderita akan sembuh bangga diri. Jadi sangat penting sekali health education diberikan pada seseorang yang mengalami penykit kronis untuk mencegah depresi. Dengan memberikan informasi yang jelas [dari tenaga medis] dan keaktifan si penderita penyakit kronis dalam mencari informasi tentang penyakitnya akan lebih baik, karena si penderita memahami betul penyakit kronis yang di alami.

Selain health education, untuk mencegah depresi pada penyakit kronis juga dibutuhkan dukungan orang terdekat, baik keluarga atau sahabat maupun orang yang dicintai. Perlu diingat manusia adalah makhluk sosial, sehebat-hebatnya seseorang dalam mengatasi masalah dia tetap membutuhkan orang lain. Jadi, walaupun si penderita penyakit kronis sudah memahami tentang penyakitnya dan mampu bersabar dukungan orang terdekat tetap perlu. Mulai dengan berkomunikasi secara verbal [bicara] istilah kerennya hati ke hati. Sebagai seseorang yang menderita penyakit kronis si penderita juga tidak boleh menutup diri, utarakan apa yang ada, ini salah satu cara menghindari depresi pada penyakit kronis.

Masih dalam konteks makhluk sosial, ada baiknya si penderita penyakit kronis melakukan interaksi sosial. Jangan menutup diri, karena secara psikologis ini akan mempengaruhi proses pengobatan dan penyembuhan senang. Refreshing juga kegiatan yang sangat diperlukan bagi penderita penyakit kronis untuk menghindari depresi.

Yang terpenting juga dalam menghindari depresi bagi penderita penyakit kronis adalah tetap mendekatkan dari pada Tuhan. Secara psikologis rasa syukur, ketabahan, dan aktivitas mendekatkan diri dengan-Nya akan menimbulkan perasaan lebih tenang, dan perlu diingat semua bersumber dari-Nya begitu juga kesembuhan. Menghindari Depresi Pada Penyakit Kronis.


Menghindari Depresi Pada Penyakit Kronis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra