Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 14 April 2011

Tidak Boleh Luka Bakar Jangan Diberi Odol

Tidak Boleh Luka Bakar Jangan Diberi Odol - Pernahkan Anda atau mungkin orang-orang disekitar mengalami luka bakar terkena knalpot atau strika? Itu bisa membuat kita buru-buru lari ke kamar mandi untuk mengambil odol [pasta gigi] lalu mengoleskannya ke bagian kulit yang terbakar, tapi tahukah Anda bahwa tindakan itu salah nggak boleh. Luka bakar adalah kerusakan jaringan karena sumber panas baik api, listrik, kimia maupun radiasi. Luka bakar memiliki tingkat yang berbeda sesuai luas, lokasi dan kedalamannya.
Tidak Boleh Luka Bakar Jangan Diberi Odol
Tidak Boleh Luka Bakar Jangan Diberi Odol

Jika luka bakar itu bersumber dari panas maka yang harus kita lakukan untuk meminimalisir dan menghentikan proses "terbakarnya" jaringan adalah membuatnya lebih dingin, tapi ketika kita mengolesi bagian yang terbakar dengan odol atau minyak tanah itu akan memperparah keadaan menangis. Odol memiliki efek yang panas ketika dioleskan pada jaringan, jadi luka bakar jangan diberi odol, ketika terjadi kasus luka bakar Anda boleh lari ke kamar mandi tapi bukan untuk mengambil odol tapi air bersih yang ada di bak mandi lalu menyiramkannya pada bagian yang terluka.

Selain itu yang harus diperhatikan pada luka bakar yang serius usahakan beri minum air putih yang banyak karena luka bakar akan kehilangan banyak cairan tubuh berkesah. Namun pada kasus luka bakar saluran pernafasan karena menghirup udara panas seperti terjebak dalam kebakaran rumah jangan terburu-buru memberi minum karena mungkin terjadi kerusakan pada saluran nafas dan tenggorokan, penanganan terbaik adalah pemberian infus.

Pada luka bakar juga sangat rentan terinfeksi untuk itu kebersihan perlu dijaga, hindari luka kontak dengan benda-benda kotor. Untuk itu rutin kontrol ke pelayanan kesehatan seperti puskesmas itu sangat penting pada kasus luka bakar hebat, mengobservasi dan mendapat perawatan yang layak untuk mempercepat proses penyembuhan - Tidak Boleh Luka Bakar Jangan Diberi Odol.

Jika artikel Tidak Boleh Luka Bakar Jangan Diberi Odol ini bermanfaat bagi Anda klik tombol like, bagikan ke twitter dan beri +1, jangan lupa memberi komentar. Baca juga artikel dan info kesehatan Proses Metabolisme Vitamin C

Tidak Boleh Luka Bakar Jangan Diberi Odol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra